Perubahan Suhu, Warga di Koltim Dihimbau Waspada Terhadap Penyakit yang Rentan Timbul

Foto, Kondisi cuaca saat Gambar Langit direkam Situs Sultra di sekitar Wilayah Kecamatan Loea Kabupaten Kolaka Timur  Sultra, Sabtu (2/3/202...

Foto, Kondisi cuaca saat Gambar Langit direkam Situs Sultra di sekitar Wilayah Kecamatan Loea Kabupaten Kolaka Timur  Sultra, Sabtu (2/3/2024). (Img : Situssultra.com)

KOLTIM, SITUSSULTRA.com-
Akhiir-akhir ini cuaca di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra)  sering terasa Panas yang menyengat dan pada malam Hari Panas menyengat tiba-tiba berubah menjadi dingin (Pancaroba). 

Dan Hujan biasa turun menjelang Sore hingga malam dengan deras yang disertai Guntur dan Angin kencang,  tentu ini bisa menjadi pemicu terjadinya perubahan suhu panas dingin  yang dapat  menimbulkan penyakit seperti, flu atau pilek yang disertai batuk karena  pada suhu panas yang ekstrem, tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi virus yang menyebabkan flu atau pilek dan demam.

Berdasarkan pantauan, gejala yang kerap kali muncul antara lain hidung tersumbat, batuk dan sakit tenggorokan.

Plt. Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Kolaka Timur Harun mengatakan, dalam menghadapi cuaca ekstrem, yang dapat menimbulkan beberapa jenis Penyakit akibat pergantian Suhu udara, maka Masyarakat Koltim perlu melakukan tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas saat  dihubungi melalui telpon selukernya, Sabtu (2/3/2024) dini Hari.

Ia menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap berbagai penyakit yang dapat timbul akibat dari pergantian suhu udara  yang tinggi dan tidak menentu.

Ilustrasi, akibat Pancaroba biasanya penyakit yang rentan adalah flu disertai batuk (Img : Situssultra.com)

"Kalau untuk saran saya masyarakat harus ada upaya  proteksi akibat pergantian  cuaca dan setelah itu bagaimana supaya kekebalan Tubuhnya tetap terjaga, maka Warga harus menjaga prilaku sehat seperti, menjaga kebersihan lingkungan dan udara,"imbaunya.

Kata dia, dalam mengatasi permasalahan ini tentu Masyarakat harus banyak mendapatkan edukasi dan konseling tentang kesehatan dengan menggunakan fasilitas kesehatan yang ada di Puskesmas ketika ada gangguan kesehatan. 

Ia mengatakan, upaya-upaya  yang harus dilakukan baik untuk pencegahan maupun  yang sudah terinfeksi penyakit, tentu masyarakat yang belum sakit berupaya melakukan pencegahan supaya bisa terhindar, dengan cara memahami bagaimana cara hidup sehat yang baik seperti bagaimana mengantisipasi timbulnya penyakit serta selalu menjaga kondisi Udara Ruangan yang nyaman dan bersih . Dan bagi Warga yang sudah terinfeksi agar melakukan pengobatan yang teratur.

"Iya jaga kesehatan dari sedini mungkin dan ketika dia terkena maka harus berupaya untuk melakukan pengobatan, misalnya Flu, batuk maka dia harus pergi ke Puskesmas untuk konsultasi masalah kesehatan yang dia alami,"harapnya.

Akibat dari pergantian suhu cuaca ektstrem, Salah satu  Warga Koltim Marjan menuturkan, jika di sekitarnya sebagian warga seperti, Anak-anak mengalami Flu, Demam  dan Batuk.

"Inimi kalau Siang panas sekali, kalau sudah mau malam seperti sekarang ini tiba-tiba Hujan, mungkin inimi yang menyebabkan Anak-anak di Lorong tempatku sebagian batuk dan Demam,"ungkap Marjan saat berbincang-bincang dengan Penulis, Jumat malam kemarin.

Sementara itu, melansir dari Laman  BMKG  bahwa kondisi cuaca ekstrem tersebut masih berpotensi terjadi hingga tanggal 8 Maret 2024 mendatang, yang dipicu oleh, 

Aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini memasuki fase 3 (Samudra Hindia bagian timur), dan diprediksi akan memasuki wilayah Indonesia dimulai dari bagian barat dan bergerak ke timur;

Aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial di sebagian wilayah Indonesia; serta

Terbentuknya pola perlambatan, pertemuan, dan belokan angin yang terbentuk di sebagian wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi Hujan dengan intensitas Sedang-Lebat  yang disertai Kilat dan Angin kencang.

Penulis & Editor  : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Perubahan Suhu, Warga di Koltim Dihimbau Waspada Terhadap Penyakit yang Rentan Timbul
Perubahan Suhu, Warga di Koltim Dihimbau Waspada Terhadap Penyakit yang Rentan Timbul
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOVQ4cOtqUvC21BVNnIrESrFkAyw5LLtYJRCYS1JD30B-CXiK8M2KFSu4txhdYSDz4Dmhn7ENWUSS4jI8BzQOU7QSqYKF7MQ4Zc_6d8XTWLmLD1rz0GToJUW5690GcsbrOtzO5_79fpSEGVhLIVcVsYnMkNRdgHma4_wLqp6ynqRcZxcNW75nezGOEKeoW/s320/IMG-20240302-WA0028.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOVQ4cOtqUvC21BVNnIrESrFkAyw5LLtYJRCYS1JD30B-CXiK8M2KFSu4txhdYSDz4Dmhn7ENWUSS4jI8BzQOU7QSqYKF7MQ4Zc_6d8XTWLmLD1rz0GToJUW5690GcsbrOtzO5_79fpSEGVhLIVcVsYnMkNRdgHma4_wLqp6ynqRcZxcNW75nezGOEKeoW/s72-c/IMG-20240302-WA0028.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2024/03/pergantian-suhu-warga-di-koltim.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2024/03/pergantian-suhu-warga-di-koltim.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content