Musim Hujan Rawan Bencana, Ini Himbauan dan Antisipasi BPBD Koltim

Salah satu sungai yang tebingnya sudah di bronjong di kelurahan Simbalai kecamatan Loea, merupakan program pemkab Koltim dalam meng...


Salah satu sungai yang tebingnya sudah di bronjong di kelurahan Simbalai kecamatan Loea, merupakan program pemkab Koltim dalam mengantisipasi terjadinya longsor dan banjir .
TIRAWUTA,NEWSSITUSSULTRA.com- Musim hujan merupakan salah satu pemicu terjadinya bencana alam, seperti, banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu untuk memasuki puncak musim penghujan tahun 2020 ini, masyarakat di Kolaka Timur (Koltim)  dihimbau  untuk semakin meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana alam yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa mengenal waktu dan tempat.  Terutama bagi yang tinggal di wilayah pegunungan, dekat sungai  dan perbukitan . Mengingat waktu musim hujan tahun lalu beberapa wilayah kecamatan di koltim terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Kolaka Timur (Koltim) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir. H. M. Anzarullah, M.Si menyebutkan , bahwa dari beberapa jenis bencana alam  seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, kekeringan dan angin putting beliung termasuk gempa bumi, perlu diantisipasi di kabupaten Kolaka Timur , agar masyarakat bisa terhindar dari dampak bencana alam tersebut. Olehnya itu pihaknya telah melakukan berbagai bentuk antisipasi.

“Kita sudah sampaikan kepada masyarakat, termasuk menyiapkan tim reaksi cepat (TRC)  dari kami dan tim-tim yang berkenan dengan bencana alam seperti dari,  Dinas sosial, Kesehatan, Palang Merah, Basarnas dan semua stakeholder yang berkenaan dengan bencana  alam,  itu kami sudah sampaikan,”ungkapnya saat di komfirmasi diruang kerjanya Rabu (12/2/2020).

“Untuk  menghadapi kedepan kami dari BPBD sudah melakukan tindakan perbaikan SDM dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan di lapangan, seperti persiapan  dari tim reaksi cepat  secara internal,”tambahnya.

Lebih lanjut, Ia  mengungkapkan, bahwa  terkait dengan bencana alam maka pihak BPBD kabupaten Kolaka Timur  telah melakukan kerja sama dengan beberapa pihak-pihak yang terkait yakni, dengan  melakukan koordinasi terhadap  semua stakeholder yang berperan menangani  masalah bencana alam.

“Karena bagaimanapun juga ini semua urusan bersama sesuai dengan hasil keputusan rapat koordinasi presiden dengan  BNPB  dan BPBD seluruh Indonesia di sentul bogor, 3 sampai 4 Februari kemarin,”ungkapnya.

Untuk itu Ia mengharapkan,  kepada masyarakat yang bermukim di lokasi yang berpotensi rawan longsor dan banjir agar meningkatkan kewaspadaan dan bila perlu masyarakat dapat mengetahui jenis-jenis  bencana yang berpontensi terjadi di daerahnya masing-masing.

“Kami  juga menghimbau kepada semua masyarakat yang ada di Koltim untuk hati-hati dan mengetahui jenis bencana yang akan dihadapi,  untuk itu  kami dari BPBD telah  melakukan tindakan edukasi kepada semua masyarakat termasuk pelajar agar mengenal  terhadap ancaman bencana di Koltim,”tuturnya.

Adapun beberapa wilayah yang berpotensi atau  rawan bencana banjir dan longsor dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten Kolaka Timur sebutnya,  ada enam  titik  yakni, kecamatan Ulu iwoi,  Ueesi, Mowewe, Dangia dan  Loea.

Sekedar untuk diketahui, salah satu upaya pemerintah kabupaten Kolaka Timur (Koltim) untuk  mengantisipasi dan meminimalisir bencana banjir dan longsor dibagian pemukiman warga yang berpotensi terjadi  yakni,  dengan  membangun Bronjong tebing sungai di beberapa wilayah kecamatan. Salah satunya seperti, yang terletak di kecamatan Loea tepatnya di sepanjang  beberapa jalur sungai di kelurahan Simbalai yang  di bangun tahun 2018 lalu.

Dimana Bronjong tersebut sangat berfungsi untuk memperkuat tebing yang miring agar stabil, mencegah erosi, dan tanah longsor dari kikisan alur sungai. Karena  terbuat dari anyaman kawat baja yang dilapisi seng atau galvanis yang  berbentuk kotak atau balok yang dibuat dengan teknik lilitan ganda, sehingga sangat membantu warga dari ancaman longsor maupun banjir.

Penulis/Editor : Darson



Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Musim Hujan Rawan Bencana, Ini Himbauan dan Antisipasi BPBD Koltim
Musim Hujan Rawan Bencana, Ini Himbauan dan Antisipasi BPBD Koltim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZWlWpUxnNU2k8EHXShWZcOYBqgBJI02AppIjfaFWW8xMXa0Bzgr2gMjgmogbUX4-bMfQ_CKRV6-P4T43Pqexey2FETt4izHwJTXc9BiPP7msr9RNpBLBHmzhx3aN-U8DK_8POT8Qvl4Uf/s640/WhatsApp-Image-2020-02-12-at-6.04.12-AM-1024x768.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZWlWpUxnNU2k8EHXShWZcOYBqgBJI02AppIjfaFWW8xMXa0Bzgr2gMjgmogbUX4-bMfQ_CKRV6-P4T43Pqexey2FETt4izHwJTXc9BiPP7msr9RNpBLBHmzhx3aN-U8DK_8POT8Qvl4Uf/s72-c/WhatsApp-Image-2020-02-12-at-6.04.12-AM-1024x768.jpeg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2020/03/musim-hujan-rawan-bencana-ini-himbauan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2020/03/musim-hujan-rawan-bencana-ini-himbauan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content