Perangi Stunting, Kadis Ketahanan Pangan Koltim Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Kadis Ketahanan Pangan Koltim, Dr. Idarwati, MM saat dikonfirmasi terkait dengan perannya dalam memerangi Stunting di Koltim, Selasa (21/2/2...

Kadis Ketahanan Pangan Koltim, Dr. Idarwati, MM saat dikonfirmasi terkait dengan perannya dalam memerangi Stunting di Koltim, Selasa (21/2/2023) (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) turut berupaya  mendukung penurunan Stunting melalui intervensi sensitif berupa penguatan ketersediaan pangan, penguatan akses pangan, dan pemanfaatan pangan termasuk giat melakukan pembinaan dan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

 Salah satu program intervensi yang dapat dilakukan untuk memerangi Stunting  adalah pemamfaatan Pekarangan Rumah. Karena dengan memanfaatkan pekarangan sebagai lumbung pangan untuk ditanami berbagai jenis tanaman sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral agar dapat dikonsumsi keluarga.

Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Koltim, Idarwati  mengatakan pemanfaatan Pekarangan  sangat bermanfaat bagi keluarga agar mampu memenuhi asupan gizi yang berasal dari komoditas pangan yang ditanam di pekarangan Rumah. Selain itu, melalui cara  ini dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga dengan menghemat pengeluaran untuk pangan, karena sumber pangan bisa  tersedia di sekitar Rumah.

Contoh pemanfaatan Pekarangan Rumah yang baik (Img : pinterest)

"Jadi terkait Stunting Kita bersyukur sekarang karena Kabupaten Kolaka Timur merupakan Daerah terendah   dari 17 Kabupaten dan Kota di Sultra,"ujar Kadis kepada Situs Sultra di Loea, Selasa (21/2/2023) tadi malam.

"Ini  berkat  penanganan sinergitas antara berapa sektor, sebab Stunting itu bukan penyakit keturunan tetapi itu salah satu faktor akibat gisi buruk,"sambungnya. 

Olehnya itu, Ibu yang bergelar Dr dan Magister Manajemen itu, mengungkapkan bahwa  Pemda Koltim dalam tiga  tahun terakhir ini telah berupaya  memperbaiki gisi masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam memerangi Stunting di wilayah Kabupaten Kolaka Timur.

"Nah Dinas Ketahanan  Pangan Dalam hal penanganan stunting tentu dengan program pemanfaatan halaman pekarangan mulai dari tahun 2019 sampai tahun 2021 itu kita meningkatkan bagaimana Pemanfaatan pekarangan dengan  mengajak masyarakat mengkomsumsi pola makan yang beragam, bergisi berimbang dan aman,"sebutnya.

"Sehingga dengan mereka mengkomsumsi Vitamin mineral dan protein yang tinggi tentu bisa mengurangi stunting di Koltim,"tambahnya.

Ia juga menyebutkan  agar  Kecamatan Loea yang tidak masuk  daerah Lokus Stunting,  tetap berupaya memerangi Stunting  agar daerah tersebut tetap  terjaga untuk tidak masuk daerah Lokus Stunting.

"Supaya dia tetap terpelihara tentu semua lini sektor yang berhubungan dengan bagaimana kesehatan Masyarakat tentu Dinas Kesehatan, kemudian bagamana menjaga kebersihan lingkungan, tentu dinas lingkungan hidup dan dinas Kependudukan tentu semua itu yang dapat kita tingkatkan dalam rangka  kita memperbaiki lingkungan dan gisi masyarakat,"imbaunya.

Untuk itu, Kadis berharap agar  fungsi pendidikan  selalu mengedukasi masyarakat untuk mengajak keluarganya dalam rangka memperbaiki pola makan, pola kebersihan,  pola hidup sehat kemudian  bagaimana Mssyarakat dapat  meningkatkan ekonomi sehingga gisi masyarakat bisa terpenuhi dan  bagaimana menjaga lungkungan bersih serta  selalu  bersinergi antar pihak terkait dalam rangka peningkatan kesehatan dan peningkatan gisi masyarakat.

"Itulah yang kita harapkan dan khususnya  Kami di Dinas Ketahanan Pangan tentu menjaga ketersediaan Pangan kemudian distribusi Pangan kemudian komsumsi pangan dan bagaimana pangan itu bisa aman jauh dari pada residu-residu yang beracun itu yang kita harapkan khususnya di dinas ketahanan pangan Koltim,"harapnya.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Perangi Stunting, Kadis Ketahanan Pangan Koltim Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan
Perangi Stunting, Kadis Ketahanan Pangan Koltim Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0HLUjSHyrMcmdZfOw3T-y-P0ZGEHlv9Br9R2j8oLUYHVAABfxnyXBjfBf_lNI2AnlMRbipCQiQqUhoh0d88Z6hbYb_P3MtoEN_nRDZXfgUp6MwbBappenRyhfJWszPQT05qYEVCmItCXXWtLTTQ_4hjCVuku2Zuh_2IxtA4C8kZ5QBVGTFliP8WcPzg/s320/20230221_194456.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0HLUjSHyrMcmdZfOw3T-y-P0ZGEHlv9Br9R2j8oLUYHVAABfxnyXBjfBf_lNI2AnlMRbipCQiQqUhoh0d88Z6hbYb_P3MtoEN_nRDZXfgUp6MwbBappenRyhfJWszPQT05qYEVCmItCXXWtLTTQ_4hjCVuku2Zuh_2IxtA4C8kZ5QBVGTFliP8WcPzg/s72-c/20230221_194456.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/02/perangi-stunting-kadis-ketahanan-pangan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/02/perangi-stunting-kadis-ketahanan-pangan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content