Proyek Sarana PDAM Mubazir, Sekda Lira Koltim Minta APH Audit

  Nampak Bangunan sarana Air Bersih PDAM Koltim yang dinilai mubazir terlihat ditumbuhi Rerumputan setinggi Atap Bangunan (Img : Doc Lira Ko...

 

Nampak Bangunan sarana Air Bersih PDAM Koltim yang dinilai mubazir terlihat ditumbuhi Rerumputan setinggi Atap Bangunan (Img : Doc Lira Koltim)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Lumbung Informasi Rakyat  (Lira), Kolaka Timur  (Koltim) , Karnito  meminta kepada  Aparat Penegeak Hukum (APH) agar mengaudit kembali proyek sarana air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang terletak di Desa Taosu Kecamata Poli Polia Kabupaten  Koltim  yang tidak difungsikan setelah diresmikan tahun 2016 silam.


Hal ini diungkapkannya kepada Situs Sultra di salah satu warung yang terletak di Desa Lalingato Kecamatan Tirawuta Kabupaten Kolaka Timur  Sulawesi Tenggara (Sultra),  Kamis Kemarin. 


Pria yang akrab disapa Tito itu,  menegaskan, bahwa pihaknya meminta kepada APH memeriksa kembali  proyek pembangunan untuk  sarana air bersih yang bernilai kurang lebih Rp 9  miliar dan akan dikelola PDAM itu,  sebab bangunan tersebut telah dibangun tapi  tidak ada asas manfaatnya sementara  telah  ditumbuhi Rerumputan, sehingga menimbulkan pertanyaan ada apa dibalik  dari berdirinya proyek ini ?.


"Bangunannya  mubazir lantaran sejak pembangunan selesai hingga saat ini belum  bisa digunakan oleh  masyarakat setempat,"kata Karnito.


"Kami sangat menyayangkan bangunan yang mubazir dan  telah menelan anggaran Negara  miliaran itu  hanya dibangun tapi tidak ada asas manfaatnya untuk masyarakat, ini perlu ditelusuri,"sambung Pria Kelahiran Lalingato Koltim  dengan nada kesal itu.


Dikatakan, anggaran yang digunakan untuk membangunan proyek tersebut yang  berkisar 9 Miliar itu, akhirnya terkesan hanya pemborosan uang Negara saja. 


"Sesuai informasi yang  Kami dapatkan dari Kepala Desa setempat ternyata anggaran yang dihabiskan kurang lebih 9 Miliar,"sebutnya.


Menurutnya,  seharusnya pihak-pihak yang terlibat pada pengkajian pengadaan proyek tersebut sebelum mendatangkan proyek yang menelan anggaran miliaran itu,  terlebih dahulu  mempertimbangkan dan meneliti lokasi  terkait penempatannya.


Apakah lokasi yang digunakan untuk  PDAM  tersebut  benar-benar strategis untuk (bangunan-red) sehingga fungsinya benar-benar dapat memberikan  asas manfaat  terhadap masyarakat. 


Hanya saja pertimbangan itu mungkin tidak dikaji atau  dilakukan sehingga bisa diduga pihak-pihak yang terlibat pada pengadaan  proyek ini dapat terkesan  mengadakan proyek asal-asalan yang penting  asal proyek  ada dan  terealisasi anggarannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lumbung Informasi Rakyat  (Lira) Koltim, Karnito 


"Jadi Kami dari LSM Lira sangat menyayangkan adanya Bangunan yang mubazir itu, karena sampai saat ini 2022 tidak berfungsi,"kesalnya lagi.


Kata Karnito, berdasarkan hasil amatannya, nampak sejumlah Bangunan telah ditumbuhi rerumputan,  tanpa ada perawatan.


"Bahkan  Bangunannya sudah tertutup Rumput setinggi 5 meter,  tinggal sebahagian yang kelihatan,"ungkapnya.


Hingga dionlinekannya pemberitaan ini, belum ada pihak-pihak yang disebutkan siapa saja yang terlibat dalam proyek ini, sebab belum ada salah satu pihak yang berhasil ditemui dibalik berdirinya proyek yang menghabiskan anggaran negara miliaran itu. 


Namun pihak LSM Lira Koltim  akan terus melakukan penelusuran atau investigasi guna mengetahui dan memberikan informasi siapa saja yang  terlibat dibalik berdirinya  proyek bangunan tersebut.


Untuk itu, Karnito juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur  mencari solusi supaya  bangunan itu setidaknya dapat  berfungsi untuk Masyarakat setempat.


"Kami berharap kepada pemerintah Koltim agar bagaimana  bangunan tersebut dapat berfungsi  sehingga bisa  dinikmati masyarakat setempat,"harapnya.


Penulis/Editor : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,711,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Proyek Sarana PDAM Mubazir, Sekda Lira Koltim Minta APH Audit
Proyek Sarana PDAM Mubazir, Sekda Lira Koltim Minta APH Audit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgi7L8WJ-UyUOEF0h-DyGOr-Z9fumbusCINYaOeNZnp_3xYMnyv5LbCHiUQobeoARohR3gFYHv93w8_4aa2MXbrQlXJu5MSmcwbKAiXqtYNA0rP0aZxy3ZmIlWyYaG8ksLapiyb6Sf0cIGFSWk8U9TAJe02JzxWS7Vib_dPmFWPYQBQQFkb_kX62PGtXw/s320/IMG-20220713-WA0010.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgi7L8WJ-UyUOEF0h-DyGOr-Z9fumbusCINYaOeNZnp_3xYMnyv5LbCHiUQobeoARohR3gFYHv93w8_4aa2MXbrQlXJu5MSmcwbKAiXqtYNA0rP0aZxy3ZmIlWyYaG8ksLapiyb6Sf0cIGFSWk8U9TAJe02JzxWS7Vib_dPmFWPYQBQQFkb_kX62PGtXw/s72-c/IMG-20220713-WA0010.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/07/proyek-sarana-pdam-dinilai-mubazir.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/07/proyek-sarana-pdam-dinilai-mubazir.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content