Diduga Drainese Tak Mampu Menahan Debit Air, 10 Rumah di Lalolae Terendam

Bagian depan Halaman Kantor Camat Lalolae hingga pada Badan Jalan yang terletak di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Lalolae terlihat terendam l...

Bagian depan Halaman Kantor Camat Lalolae hingga pada Badan Jalan yang terletak di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Lalolae terlihat terendam luapan Air Sungai saat Hujan mengguyur Sabtu kemarin (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Banjir yang sempat menyisahkan lumpur beberapa rumah warga di Kelurahan Lalolae khususnya disekitar perkatoran Camat Lalolae,  diduga akibat tumpukan Sampah dan  Drainase yang sempit sehingga  tidak mampu  menampung debit volume Air saat Hujan deras. 

Hal tersebut diungkapkan Camat Lalolae kepada Situssultra.com  saat di Konfirmasi di Rumah Jabatan (Rujab) Camat Lalolae, Sabtu (12/11/) malam kemarin.

"Ini mungkin akibat sempitnya Drainase sehingga arus air saat Hujan dari atas tidak bisa menampung sehingga airnya meluap,"ungkapnya.

Selain itu kata Camat, penyebab lainya diduga  karena terkumpulnya tumpukan Sampah. 


"Soalnya sudah puluhan tahun saat hujan turun biar beberapa jam tidak pernah seperti ini,"tuturnya.


Olehnya itu, dengan kejadian ini,  Camat berharap agar sekiranya ada kebijakan pihak Pemerintah terkait, untuk melakukan normalisasi aliran Sungai tersebut.


"Sekiranya dengan kejadian ini kita berharap ada kebijakan dari pemerintah terkait,  untuk memperluas Kali kecil yang berbentuk Drainase itu agar saat hujan volume airnya tidak meluap lagi,"harapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos), Mariyono yang langsung turun melakukan pengecekan di lokasi banjir  yang  terletak dibelakang Kantor Camat Lalolae  dan beberapa rumah warga yang terendam banjir.


Kepada dua Jurnalis lokalan  Koltim, Kadis melaporkan ada 10 rumah yang terendam  disebabkan oleh  luapan air sungai saat hujan lebat.

Salah satu Rumah warga Kelurahan Lalolae yang Lantainya bermandikan Lumpur setelah banjir di Kelurahan Lalolae Kecamatan Lalolae Sabtu malam kemarin

"Sedikitnya ada 10 rumah yang terendam Banjir disini dengan ketinggian sekitar 70 centi meter (Cm) sehingga mereka layak diberikan bantuan,"kata Kadis saat dikonfirmasi.


" Saya sudah perintahkan anggota  untuk segera menurunkan bantuan dan membantu membersihkan Rumah-rumah warga yang terdampak banjir tadi," sambungnya.


Untuk itu, dengan kejadian tersebut, Kadis berharap agar  ada kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas terkait yang membidangi Pembangunan aliran Sungai khususnya di Lalolae dan Keisio untuk segera menangani permasalahan tersebut.


"Kita berharap agar pemprov melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) segera menangani sungai yang menyebabkan seringnya banjir di 2 Desa yakni,  Kelurahan Lalolae dan Desa Keisio,"harapnya.


"Kalau disini Kelurahan Lalolae terkadang hanya sesekali tapi Desa Keisio sudah menjadi langganan Banjir setiap tahun, bahkan airnya biasa naik sampai 70 centi meter,"tambahnya.


Dilain sisi,  salah satu warga yang terdampak banjir Erlis mengatakan, bahwa  Rumahnya adalah yang paling menjadi sasaran banjir karena letaknya  berada tepat  di pinggir sungai sehingga air masuk didalam rumah  hingga 70 centi meter (Cm).


"Sebenarnya sungai ini sangat  kecil kedalaman Airnya  kira-kira dibawah lutut orang dewasa hanya baru kali airnya  meluap hingga masuk kedalam  rumah saya," ungkapnya 


Akibatnya, kata Dia  dengan kondisi rumah yang berlumpur, terpaksa dirinya  harus mengungsi untuk sementara waktu, sehingga pihaknya berharap agar sekiranya ada bantuan dari pihak Pemerintah.


" Kami jyga  berharap pihak pemerintah melakukan normalisasi kali atau perbaikan dan penambahan luas dan kedalaman drainase agar tidak terjadi lagi luapan banjir," harapnya 


Ditempat terpisah, salah seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang juga warga Kelurahan Lalolae Hasia mengungkapkan, bahwa kejadian ini merupakan baru pertama kali setelah sekian tahun dirinya tinggal daerah ini.


"Ini tidak pernah terjadi, baru kali ini biasanya kalau terjadi hanya di Selokan-selokannya saja, tapi ini sudah melewati Aspal dan bahkan aliran  airnya masuk di Mesjid,"ungkapnya.


Ia menyebutkan Sumber aliran Air yang meluap berasal dari Sungai Kecil yang dangkal dan terletak dibelakang Kantor Camat dan  beberapa Rumah warga. 


"Sungainya  kecil dan dangkal sehingga arus air  Sungai cepat meluap,"sebutnya.


Ia juga berharap agar fenomena ini bisa segera ditangani oleh pihak Pemerintah agar dirinya sebagaiv Masyarakat tidak merasa was-was saat hujan deras mengguyur Lalolae.


"Iya pada intinya cepat ditangani agar kita Masyarakat tidak kwatir saat hujan  karena ini luar biasa Banjirnya,"harapnya. Sembari meminta agar Masyarakat tidak membuang Sampah pada aliran Sungai tersebut sebab hal tersebut bisa menjadi pemicu terjadi luapan air saat Hujan Deras.


Reporter : Rafli

Editor : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Diduga Drainese Tak Mampu Menahan Debit Air, 10 Rumah di Lalolae Terendam
Diduga Drainese Tak Mampu Menahan Debit Air, 10 Rumah di Lalolae Terendam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgG-EbX0veJwuPxADIHMLJ5-FpJ3DLxwxi2WpIHAj4zEizqOl0oKt4QfraTgsjjCG10_2ueDHiAfaf4aAYxBS2s5hiGnAVzKZgLQet1Qgdxd-lwlWBmq9UOcr60zyEqTtd-MkPbS0PuFQFbGwqwCyOmokBHVMv2EA4A3W5Xo9BMwuEe5kERHZJOj2RKKQ/s320/20221112_171335.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgG-EbX0veJwuPxADIHMLJ5-FpJ3DLxwxi2WpIHAj4zEizqOl0oKt4QfraTgsjjCG10_2ueDHiAfaf4aAYxBS2s5hiGnAVzKZgLQet1Qgdxd-lwlWBmq9UOcr60zyEqTtd-MkPbS0PuFQFbGwqwCyOmokBHVMv2EA4A3W5Xo9BMwuEe5kERHZJOj2RKKQ/s72-c/20221112_171335.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/11/diduga-drainese-tak-mampu-menahan-debit.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/11/diduga-drainese-tak-mampu-menahan-debit.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content