Terkait DPTb pada Pemilu 2024, Ini Penjelasan Ketua KPU Koltim

Plt. Ketua KPU Koltim Murhum Halik, S.Tp (Img : Situssultra.com)  KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Terkait adanya istilah DPTb atau Daftar Pemilih Ta...

Plt. Ketua KPU Koltim Murhum Halik, S.Tp (Img : Situssultra.com) 
KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Terkait adanya istilah DPTb atau Daftar Pemilih Tambahan pada Pemilihan Umum (Pemilu),  yang dipastikan dapat terjadi di salah satu Kabupaten maupun Provinsi pada Pemilu 2024 mendatang, kendati Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah keluar atau ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Olehnya itu, Masyarakat perlu mengetahui tujuan adanya DPTb tersebut. Selain itu agar masyarakat juga tidak salah persepsi ketika di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS)  terjadi pertambahan suara saat pemilihan nanti.

Ketua KPU Koltim Murhum Halik mengungkapkan bahwa KPU Kolaka Timur telah menetapkan DPT sebanyak 91.300 Daftar pemilih yang ditetapkan pada Tanggal 23 Juni 2023 lalu.

Hal tersebut dikatakannya  kepada Situssultra.com saat dikonfirmasi Jumat kemarin.

Pria yang bergelar S.Tp itu menyebutkan, penetapan DPT tersebut telah dilakukan di seluruh Kabupaten di seluruh wilayah Republik Indonesia.

"Artinya pada saat ditetapkan sebagai DPT masing-masing sebagai warga yang memenuhi syarat dan berhak untuk memilih pada Pemilu 2024 nanti sudah masuk sebagai daftar pemilih,"jelasnya.

"Kemudian ada rens waktu antara bulan 6 penetapan DPT sampai dengan bulan 2 pelaksanaan Pemilu kurang lebih 8 bulan. Dalam rens waktu itu tentu saja kita memaklumi mobilitas Penduduk,"sambungnya.

Dijelaskan, sehubungan  DPTb pada Pemilu telah  tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum. 

Kata dia, DPTb adalah daftar pemilih yang telah terdaftar dalam DPT di suatu Tempat Pemungutan Suara  dan karena keadaan tertentu, pemilih tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suara di TPS lain.

"Ini setiap Penduduk mungkin ada saja yang kemungkinan berpindah dan lain sebagainya karena adanya urusan tertentu, maka Negara tidak bisa menghalangi mobilitas Penduduk ini, begitupun Kami di KPU ini mengikuti pergerakan Penduduk itu dengan melakukan penyesuaian DPT tadi,"terangnya.

Menurutnya, terkait penyebab adanya daftar pemilih tambahan karena pada dasarnya sebelumnya sudah ditetapkan sebagai DPT baik di tempat asal Kabupaten ataupun misalnya di dalam Kecamatan antar Kecamatan dalam satu Kabupaten sehingga menjadi daftar pemilih tambahan.

"Nah, Data ini kemudian Kami intruksikan untuk diakomodir Ad Hoc jajaran Ad Hoc  jadi DPTB itu bisa didata oleh teman-teman, PPS, PPK bahkan di KPU,"jelasnya.

Ia memaparkan bahwa khusus pemilih yang pindah karena pindah domisili,  maka yang bersangkutan harus didaftar  di KPU karena hal ini berkaitan dengan akses Sistim informasi data pemilihan (Sidalih).

"Jadi Sidalih yang kita singronkan, sehingga untuk pemilih yang pindah  karena pindah domisili memindahkan KTP dan lain sebagainya, maka itu tempat di datanya di KPU.  jadi silahkan  kalau pemilih yang merasa pindah KTP pindah domisili datang ke KPU mendaftarkan diri kembali untuk di data sebagai DPTb,"ajaknya.

"Karena ini singkronisasi sidalih dan siak. Jadi DPTB ini kalau bukan pindah domisili pindah karena alasan pekerjaan sakit dan lain sebagainya itu akan dilihat dapilnya jadi tidak akan sama jumlah surat suara yang dperoleh dengan DPT asli,"tambahnya menerangkan.

Disebutkan, kriteria Pemilih dalam DPTb ada alasan tertentu dan  mengapa pemilih Pemilu ada yang  masuk kategori DPTb yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum.  Berdasarkan PKPU Nomor 11 Tahun 2018 Pasal 36 ayat (3), DPTb diperuntukkan bagi pemilih dalam keadaan misalnya atau diataranya, karena Pemilih  sedang menjalankan tugas pemerintahan di tempat lain pada hari pemungutan suara, dan atau sedang menjalani rawat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa untuk rilis  sementara terkait PDTb di Koltim, pihaknya baru saja  melaksanakan rapat pleno yang diatur setiap Tanggal 8  dan melakukan pleno rekap DPTb sebab DPTb tergolong  Dua  pertama,  pindah masuk yang Kedua pindah keluar.

"Untuk bulan ini bulan lalu dihitung dari Agustus dan masuk Tanggal 8 September rekap yang Kami peroleh itu pemilih yang pindah masuk berjumlah 15 dan pemilih pindah keluar berjumlah 14, ini sudah didaftarkan sebagai DPTb,"ujarnya.

Untuk itu, Ia berharap agar setiap Warga Negara khususnya Masyarakat Koltim yang mau pindah karena ada urusan yang mengharuskan  berpindah keluar karena pekerjaan, atau adanya hal yang mendesak sehingga Pemilih harus memindahkan Domisilinya. Maka kata Murhum dirinya mempersilahkan agar warga yang berpindah menyampaikan kepada pihak KPU atau jajaran PPS, PPK agar segera di Data karena ini berkaitan dengan logistik surat suara kedepan dan partisipasi Pemilih.

"Kita harap Data-data DPTb ini membantu lebih mengklirkan data kita terkait pemilih sehingga nantinya ketika pelaksanaan Pemilu itu bisa lebih terbuka dan transparan,"harapnya.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,711,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Terkait DPTb pada Pemilu 2024, Ini Penjelasan Ketua KPU Koltim
Terkait DPTb pada Pemilu 2024, Ini Penjelasan Ketua KPU Koltim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhW62m14dfzkZgqeUSjiwxakDU-26ajlLU8czan20dYsWVOHU-OOS3PcwhKGWJ4dzVDP50z7aCXtOt5RT1aXvrK3NK8dJW6y5It5eprFqwXzyL7aMhIPMgofVnmhf-7VEfSex5x7uX7CujM9eWl_GQG1-HIVnTV7xxhjYX9-DQ7HXlPdMohOaGl2Q6uWkyc/s320/20230909_143457.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhW62m14dfzkZgqeUSjiwxakDU-26ajlLU8czan20dYsWVOHU-OOS3PcwhKGWJ4dzVDP50z7aCXtOt5RT1aXvrK3NK8dJW6y5It5eprFqwXzyL7aMhIPMgofVnmhf-7VEfSex5x7uX7CujM9eWl_GQG1-HIVnTV7xxhjYX9-DQ7HXlPdMohOaGl2Q6uWkyc/s72-c/20230909_143457.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/09/terkait-dptb-pada-pemilu-2024-ini.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/09/terkait-dptb-pada-pemilu-2024-ini.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content