Berkunjung ke Desa Terujung dengan Penampilan Sederhana, Bupati Koltim Dikagumi

Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis, SH, MH saat berkunjung di Desa Terujung di Koltim, Selasa (26/12/2023) KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Bupati...

Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis, SH, MH saat berkunjung di Desa Terujung di Koltim, Selasa (26/12/2023)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Bupati Kolaka Timur (Koltim) Abd Azis, SH, MH baru saja mengunjungi Dua Desa di Kecamatan Aere Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (26/11/2023) kemarin.

Diketahui, kedua Desa ini adalah Desa Awiu dan Taore  yang merupakan Desa terujung serta  terjauh dan tersulit untuk dijangkau yang ada di salah satu Wilayah Kecamatan di  Koltim. Dan Dua Desa ini berbatasan dengan Dua Kabupaten yakni, Kolaka dan Bombana.

Dan setelah setahun lebih menjadi Pemimpin di Kabupaten Kolaka Timur  sebagai Bupati, baru  berkesempatan mengunjungi langsung ke Dua Desa tersebut.

Saat Bupati berkunjung dengan penampilan yang cukup sederhana hanya  menggunakan Baju Kaos, ada kesan dan kekaguman hingga Camat Aere Hardi mengucapkan terima kasih dan selamat datang buat Bupati dan seluruh rombongan yang sudah mengunjungi wilayah pemerintahannya, khusunya Desa Awiu dan Taore.


”Memang kesederhanaan beliau (Bupati) ini, tidak dibuat-buat. Jadi dengan tampilan sederhana dan tekat yang kuat, sehingga bisa mengunjungi wilayah kita ini. Terimakasih pak bupati dan rombongan sudah melihat langsung wilayah kami ini,’’ujar Camat dengan nada terkesan dan kagum.

Mengingat medan atau akses yang sulit, maka  Bupati bersama Kapolres Koltim AKBP. Yudhi Palmi,  DJ S.I.K  M.Si, serta Sekda Koltim Andi Muhammad  Iqbal Tongasa S.STP, M.Si, Anggota DPRD Koltim Risman Kadir, Camat Aere, sejumlah pimpinan OPD dan unsur TNI Polri, terpaksa  menggunakan motor cross agar bisa menjangau kedua wilayah tersebut.

Selain itu, hadir pula Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir,  S.Pd, M.Pd dan Ketua TP. PKK Koltim Hartini Azis A.Ma. 

Sementara itu, dalam kunjungannya, Bupati  terlebih dahulu memperkenalkan para pimpinan OPD yang hadir dalam kegiatan ini. Dengan tujuan, agar masyarakat setempat bisa mengetahui para pimpinan yang membidangi berbagai urusan pemerintahan di Koltim saat ini.

”Terimakasih sambutannya yang penuh kekeluargaan dan kehangatan serta keramahan di Awiu ini. Kami diterima seperti keluarga sendiri, baru pertama kali bertemu tapi seperti sudah lama dan sering,”syukurnya.

Lebih labjut, Ia mengatakan terkait Badan jalan dari ke Dua desa ini, diakuinya kondisinya sangat parah. Sehingga menjadi kendala untuk ditangani Pemda kendati statusnya masih berada dalam hutan konservasi alias hutan lindung. Tetapi Pemda Koltim akan berupaya untuk memperbaiki.

”Tetapi nanti akan diupayakan untuk diturunkan statusnya, tidak akan melanggar, biar bisa diturunkan anggarannya lalu dikerjakan. Yang jelas tidak ada yang tidak bisa, tergantung kemauan dan kolaborasi kita, agar infrastruktur di Koltim bisa dinikmati semua masyarakat,”jelasnya.


Bupati juga terkesan melihat ke dua desa itu yang  keberlimpahan rahmat yang diturunkan, terbukti dengan berbagai macam tanaman unggulan tumbuh subur disepanjang jalan.

”Kenapa saya bersama rombongan turun langsung kesini, agar bisa mengetahui persoalan-persoalan mendasar di wilayah itu. Sebenarnya, saya sudah lama ingin kesini (Awiu Taore), tapi baru hari ini bisa terwujud, terimakasih warga yang telah menyambut kami dengan ramah,” ujarnya.

Untuk penangan masalah jalan ini diakui Bupati, sejak Oktober lalu melalui Bappeda Litbang, sudah mengusulkan Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) untuk menurunkan status hutan di jalan tersebut.

”Yang jelas, begitu statusnya turun dan bisa kita buatkan jalan, maka Pemda Kolaka Timur akan berusaha semaksimal mungkin agar jalan ke dan dari Awiu Taore ini tuntas dan mulus dilalui,” janjinya.

Di kedua desa ini juga, sejumlah warga menanyakan soal kondisi tenaga keperawatan atau desa yang tidak ada, lalu masalah jaringan seluler, bibit dan pupuk, serta aliran listrik yang belum dinikmati sejumlah kepala keluarga di dua desa tersebut.

Dan, melalui pimpinan OPD bersangkutan, bupati berkomitmen untuk menuntaskannya semua, dan disambut gembira masyarakat. Misalnya masalah tenaga kesehatan, bupati akan menempatkan lulusan PPPK di dua desa ini, kemudian jangka panjang bagi anak-anak sekolah tingkatan SMA akan dibiayai pemda untuk kuliah di jurusan kesehatan, dan setelah lulus harus kembali mengabdi di dua desa ini. 

Begitupun bibit padi, Kadis Tanaman Pangan Koltim berjanji mulai Januari dua desa ini akan mendapatkan bibit gratis, juga termasuk penuntasan masalah pupuk. Soal jaringan internet, Kadis Kominfo Koltim I Nyoman Abdi menyampaikan, akses internet BAKTI yang sudah terpasang di kantor dua desa ini, mulai 2024 nanti akan ditingkatkan kapasitasnya dari 4 mbps menjadi 10 mbps, begitupun soal BTS Kominfo sedang dalam proses. 

Di dua desa ini, bupati juga menyerahkan bantuan sosial pengendalian inflasi daerah, penuntasan kemiskinan ekstrim, penanggulangan kemiskinan dan korban bencana alam. Di Desa Awiu 57 penerima, sedang di Taore 107 penerima. Bantuan tersebut berupa beras masing-masing penerima 5 kg, minyak goreng 2 liter masing-masing penerima, gula pasir masing-masing 2 kg, dan susu masing-masing 3 kaleng. 

Editor : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Berkunjung ke Desa Terujung dengan Penampilan Sederhana, Bupati Koltim Dikagumi
Berkunjung ke Desa Terujung dengan Penampilan Sederhana, Bupati Koltim Dikagumi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_-ke8BpqTiKCaWsFM1Q4cXHHp4yCrDQUmPE4Q3SMa2bVZ68ArqwXqBFbXnCm5mHZcoOfBiUVXPtbUsRRjOSgn3uHfcxDs9zrUJs92Y1VdQwsYMf1rcMBjVOQIxwhJyzZSX14v5sP9GNce0DbXh2h2cRcksrYufd8rao8lb4knxcJGCL6WuP8CMdA11kH0/s320/FB_IMG_1703675884255.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_-ke8BpqTiKCaWsFM1Q4cXHHp4yCrDQUmPE4Q3SMa2bVZ68ArqwXqBFbXnCm5mHZcoOfBiUVXPtbUsRRjOSgn3uHfcxDs9zrUJs92Y1VdQwsYMf1rcMBjVOQIxwhJyzZSX14v5sP9GNce0DbXh2h2cRcksrYufd8rao8lb4knxcJGCL6WuP8CMdA11kH0/s72-c/FB_IMG_1703675884255.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/12/berkunjung-ke-desa-terujung-dengan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/12/berkunjung-ke-desa-terujung-dengan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content