Pemda Koltim Gelar Bimtek Tata Kelola Perpustakaan, Berikut Sambutan Bupati

KOLTIM, SITUSSULTRA.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kearsipan dan Pe...


KOLTIM, SITUSSULTRA.com-
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar bimbingan tehnik (Bimtek) tata kelola perpustakaan Sekolah tingkat dasar dan menengah di Koltim, Senin (10/6/2024). 

Kegiatan ini, dilaksanakan di Baros Farm House Desa Tawainalu Kecamatan Tirawuta, yang dibuka Asisten 2  Iwan Kara S.Sos mewakili Bupati Koltim dan dihadiri, Sekda Koltim Andi Muhammad Iqbal Tongasa, S. STP, Kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Koltim Maryono, S. Pd M.Pd  narasumber, para undangan dan sejumlah pihak terkait lainnya. 

Bupati Koltim Abd Azis, SH, MH dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan asisten  Iwan Kara mengatakan bahwa pihaknya berharap agar Masyarakat Koltim khususnya Siswa siswi dapat  membudayakan gemar membaca melalui  tata kelola perpustakaan di sekolah, baik tingkat dasar maupun di tingkat menengah. 

Asisten Dua Pemda Koltim, Irwan Kara, Sos saat menyampaikan sambutan Bupati Koltim terkait dengan pengelolaan Perpustakaan

"Seluruh pengelola perpustakaan, para guru di Sekolah melalui jalur pendidikan kita harapkan dalam menuntut ilmu baik secara formal, maupun Non Formal dapat dan bersedia untuk berperan aktif menciptakan upaya Gemar Membaca  secara maksimal terhadap siswa atau anak didik di Sekolah,"pintahnya.

Lebih lanjut dikatakan, membaca merupakan Unsur penting dalam Pendidikan yang harus tetap terjaga dan di tingkatkan, esensinya  melalui berbagai Upaya Pembinaan dan Pengembangan Kegemaran membaca. 

Hal ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan  yang mana pada BAB XIII pasal 48 ayat 1 mengisyaratkan bahwa  Pembudayaan Kegemaran membaca melalui tiga jalur yaitu jalur Keluarga yang merupakan basis awal dari pendidikan.

"Dimana berhasil atau tidaknya anak didik tergantung cara bagaimana orang tua mengarahkannya," katanya. 

Selanjutnya, Kata Bupati melalui Jalur Pendidikan antara lain menggalakkan gemar membaca bagi Siswa atau anak didik, ketersediaan buku dan pengelolaan perpustakaan sekolah secara Optimal, dan jalur terakhir adalah merupakan jalur masyarakat yang kondisi saat ini disadari bahwa minat membaca masyarakat masih tergolong rendah, sebab masih belum terkelolanya Pustaka Nagari, pustaka masjid dan  rumah baca yang baik, sehingga kurangnya motivasi masyarakat dalam meningkatkan minat baca. 

"Tentunya Hal ini yang perlu dicari Solusi dan inovasi baru khususnya dalam pengelolaan Pustaka. Melalui bimtek ini, keterpaduan ketiga jalur tersebut dalam penciptaan Upaya Gemar membaca sangat di perlukan," ujarnya. 

“Kalaulah ini dapat dicptakan di Kolaka Timur, maka kedepan kita memiliki sumber daya yang berkualitas, demi  terwujudnya masyarakat Kolaka Timur yang berilmu pengetahuan dan berketerampilan  serta dapat menciptakan lapangan Kerja  baru,"sambungnya.

"Saya berharap  kepada peserta kegiatan Bimtek ini  untuk mampu merencanakan dan memberikan masukan  pada pengelola masing-masing perpustakaan untuk dapat memberikan perhatian yang serius terhadap perpustakaan dengan menfasilitasi, menyediakan kebutuhan  bagi pengelolaan perpustakaan seperti Gedung/ ruangan, koleksi buku, rak buku di masing-masing perpustakaan sekolah,"harapanya.

Menurutnya,ini sejalan dengan Visi Koltim sendiri. Pada misi peningkatan kualitas SDM berbasis ajaran agama, IPTEK serta budaya lokal, yang merupakan terobosan pembangunan yang terintegrasi untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah pada Program “ Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat atau GEMAS Kolaka Timur” terus berinovasi menguatkan pencapaian Visi-misi Pemda Koltim 2021-2026.

"Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan tau karya rekam secara professional  dengan system yang baku guna memenuhi kebutuhan  pendidikan, penelitian, pelestarian , informasi dan rekreasi para pemustaka. Perpustakaan juga terdiri atas: Perpustakaan Nasional, perpustakaan Umum perpustakaan sekolah/madrasah, Perguruan Tinggi, dan Perpustakaan Khusus.,"pungkasnya.

Editor : Tim

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Pemda Koltim Gelar Bimtek Tata Kelola Perpustakaan, Berikut Sambutan Bupati
Pemda Koltim Gelar Bimtek Tata Kelola Perpustakaan, Berikut Sambutan Bupati
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgedHR5xoGQEOG52vvClNUdgKYwd0d8nSYEcBghpSRq9eduUQl_Q4BZP_Ii1zfe7dqHIZqe9lJbARe9LURhvTuTpaC3LS42RBYqgHHIaOvgUI3iMK2H24TSw7gMefbGI9MPwmAmZh0bnqKyDVQF_1EBEkYmrjsC-LrAkM6l8J1d7MRRdiu1ZJD1nitSKaA3/s16000/IMG-20240610-WA0170.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgedHR5xoGQEOG52vvClNUdgKYwd0d8nSYEcBghpSRq9eduUQl_Q4BZP_Ii1zfe7dqHIZqe9lJbARe9LURhvTuTpaC3LS42RBYqgHHIaOvgUI3iMK2H24TSw7gMefbGI9MPwmAmZh0bnqKyDVQF_1EBEkYmrjsC-LrAkM6l8J1d7MRRdiu1ZJD1nitSKaA3/s72-c/IMG-20240610-WA0170.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2024/06/pemda-koltim-gelar-bimtek-tata-kelola.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2024/06/pemda-koltim-gelar-bimtek-tata-kelola.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content