Tingkatan Partisipasi Segmen Pemilih Perempuan, KPU Koltim Gelar Sosialisasi Terkait Pilkada 2024 di Mowewe

KPU Koltim sedang menggelar Sosialisasi segmen Pemilih perempuan untuk Pilkada 2024 di Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Teng...

KPU Koltim sedang menggelar Sosialisasi segmen Pemilih perempuan untuk Pilkada 2024 di Kecamatan Mowewe Kabupaten Kolaka Timur Sulawesi Tenggara (Img : Istimewa) 

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Dalam rangka meningkatkan Partisipasi Masyarakat khususnya  Pemilih Perempuan, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Koltim tahun 2024, dengan memberikan perhatian khusus pada segmen pemilih kaum Hawa ini. 

Hal ini, guna mendekatkan dan memberdayakan partisipasi perempuan dalam demokrasi khususnya Pilkada Koltim  2024. Dan kegiatan sosialisasi ini bertempat di Rujab Camat Mowewe, Sabtu (6/7/2024). 

Ketua divisi Hukum dan pengawasan KPU Koltim, Murhum Halik mengatakan, sosialisasi segmen pemilih yang dilaksanakan di Kecamatan Mowewe  berdasarkan data pemilih di Koltim pada Pemilu 2024  lalu dari 12 Kecamatan se-Kolaka Timur sebab paling  tinggi jumlah penduduk adalah perempuan. 


Sehingga, kata Murhum, ini merupakan upaya KPU Koltim untuk memberikan pemahaman melalui sosialisasi segmen Perempuan pada pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati (Wabup) Kolaka Timur Tahun 2024.

"Untuk itu kami mengajak  ibu-ibu hadir dalam kegiatan ini,  meninggalkan sejenak aktivitasnya, meski kita ketahui pasti kalian punya kesibukan, namun karena ini penting juga untuk kita ketahui sehingga Kami dari  KPU memanggik ibu-ibu karena suara ibu-ibu sangat penting untuk  suksesnya pelaksanaan Pilkada, sebab ujung dari sosialisasi ini adalah partisipasi masyarakat untuk hadir ke TPS guna menyalurkan hak pilihnya,"pintahnya.

Selain itu, Murhum  mengungkapkan, partisipasi itu tidak hanya diukur berdasarkan persentase jumlah pemilih pada saat pemilihan kalau dari angka itu Kolaka Timur selalu melampaui angka rata-rata yang ditetapkan oleh KPU RI  partisipasi masyarakat di Pemilu 2024  sebesar 75 persen sementara hampir 85 persen  yang menyalurkan hak pilihnya.

"Jadi kita telah melampaui target nasional sebanyak 10 persen," sebutnya. 

Sebenarnya kata Murhum, Sosialisasi ini menyoroti hak-hak Pemilih dalam hal ini perempuan, yang telah dimulai jauh hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.  

" Jadi kalau kita laki-laki banyak bekerja banyak di luar rumah, tapi kalau ibu ibu itu selalu ada di rumah bersama anak-anaknya dari nilai-nilai yang dipraktekkan oleh seorang anak sampai menuju dewasa lebih banyak dipengaruhi oleh pendidikan yang diberikan oleh Ibu di rumah,"terangnya.


Lebih lanjut, Ia menerangkan,  bahwa peran Perempuan untuk  ikut berpartisipasi supaya negara dan  bangsa maju, maka dimulai sejak dini  serta sudah memilih sistem yang disebut dengan demokrasi seperti, melalui Pilkada nanti. 

Melalui sosialisasi ini, Ia juga, kita memperkenalkan Maskot pilkada 2024 yang menggambarkan  burung Hoa atau Rengkong (HORE) yang  bertajuk HORE (Harapan Demokrasi) dan RAME (Rakyat Memilih).

"Burung rangkong ini melambangkan kesetiaan,  kalau betinanya mati atau jantannya, mereka tidak akan pernah mencari pasangan lain, ketika salah satu pasangannya mati, maka yang satu juga mungkin akan sakit-sakitan dan menuju mati, tidak mencari pasangan hidup yang lain kita maknai dengan pemerintah terpilih setia kepada rakyatnya,"jelasnya.

Semtara itu,Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) Kolaka Timur, Yanthi Pratiwi Irianto menyampaikan bahwa  para Ibu sebagai pemilih Perempuan yang  sama-sama telah mendengarkan kedua narasumber dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih perempuan untuk Pemilihan Bupati dan wakil bupati Koltim 2024 memiliki peran yang sangat penting dalam suksesnya Pilkada 2024. 

" Peran perempuan sangat penting dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, kemudian ucapan terimakasih kepada seluruh  peserta yang telah hadir dalam kegiatan ini," pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri Ketua KIPP Koltim Rusniati Rakibe sekaligus Narasumber yang mengisi kegiatan ini, dan Azhar Malaka yang merupakan mantan Komisioner KPU Koltim.

Editor : Tim Red

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Tingkatan Partisipasi Segmen Pemilih Perempuan, KPU Koltim Gelar Sosialisasi Terkait Pilkada 2024 di Mowewe
Tingkatan Partisipasi Segmen Pemilih Perempuan, KPU Koltim Gelar Sosialisasi Terkait Pilkada 2024 di Mowewe
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpD8UyRQ_RIFfFJZ_z9W1nvIGw2PbrlJ1PQR5WxDvOyV9KfE0aXXvnXvuwYraS6pgtC01uFssqWWrtuq0KvofVkBn9wtQqs-k1PxQkJwFXzT-rl-jNGnaJWpOZPaw3ME5n1GT0BX7eXTyGh6ZXmL9TkCABsvI0v7KYSNpnpLyMeyHNdYNaAep2Bfq8oILm/s16000/IMG-20240706-WA0059.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpD8UyRQ_RIFfFJZ_z9W1nvIGw2PbrlJ1PQR5WxDvOyV9KfE0aXXvnXvuwYraS6pgtC01uFssqWWrtuq0KvofVkBn9wtQqs-k1PxQkJwFXzT-rl-jNGnaJWpOZPaw3ME5n1GT0BX7eXTyGh6ZXmL9TkCABsvI0v7KYSNpnpLyMeyHNdYNaAep2Bfq8oILm/s72-c/IMG-20240706-WA0059.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2024/07/tingkatan-partisipasi-segmen-pemilih.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2024/07/tingkatan-partisipasi-segmen-pemilih.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content