Dukung Pengelolaan Pemerintah Desa, DPMD Konsel Percepat Pencairan Dana Desa

Ilutrasi DD cair (Img : Net) KONSEL,SITUSSULTRA.com - Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berbagai penunjang dalam pengelolaan pemerinta...

Ilutrasi DD cair (Img : Net)

KONSEL,SITUSSULTRA.com -
Untuk mendukung pelaksanaan pembangunan berbagai penunjang dalam pengelolaan pemerintahan desa dan penanganan Covid-19, serta dukungan vaksinasi berjalan tepat waktu.


Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) lakukan percepatan fasilitasi pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).


" Sesuai arahan dan perintah pak bupati (Surunuddin) agar DPMD Konsel segera malakukan dan  memfasilitasi percepatan pencairan DD dan ADD," kata Kepala DPMD Konsel Anas Mas'ud saat di konfirmasi MEDIAKENDARI.COM melalui sambungan telponnya. Senin,21 Februari 2022.


Menindak hal itu, lanjut mantan Kadis Kominfo ini, pihak langsung memeritahkan stafnya untuk menyurati para camat untuk diteruskan kepada para kepala desa bahwa DD dan ADD sudah dapat dicairkan.


"Alhamdulillah pada tanggal 15 februari kami sudah membuat surat kepada camat untuk menginformasikan kepada semua kepala desa bahwa DD dan ADD sudah bisa dilakukan pencairan," jelas Anas.


Dan pada tanggal 17 Februari sudah ada satu desa di kecamatan Laeya yang kami berikan rekomendasi ke BPKAD untuk dapat melakukan pencairan DD dan ADD.


"Persyaratan pencairan Dana Desa sangatlah mudah pemda menyiapkan perbup tentang pengelolaan dana desa tahun 2022 dan APBDes yang telah di posting melalui aplikasi siskeudes dan tentunya apabila Desa belum memasukkan SPJ tahap ketiga tahun 2021 agar diikut sertakan dan peraturan kepala desa tentang data penerima BLT sdh ditetapkan," terang Anas.


Untuk itu Anas berharap minggu terakhir bulan Februari pencairan DD dan ADD dapat diupayakan 30℅, sebab minggu lalu sudah ada satu desa yang diberikan rekomendasi.


"Tentunya ini akan memberi semangat bagi desa desa yang lain untuk bergegas melalukan penetapan APBDes di posting dan diajukan ke DPMD," ujarnya. 


Dihubungi terpisah, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga berharap agar pencairan DD dan ADD dapat segera menggerakkan ekonomi masyarakat desa dengan berbagai kegiatan produktif dan mendorong pengelolaan sektor unggulan desa dan masyarakat.


Selain itu sambung Bupati dua Periode ini, penerima BLT agar terlibat dalam kegiatan produktivitas desa sehingga BLT yang diterimanya merupakan salah satu sinergi antara penanganan permasalahan kemiskinan dan mendorong melakukan kegiatan produktif.


"Seperti melakukan kegiatan budidaya tanaman yang bernilai ekonomis yang kedepan dapat menjadi sumber penghasilan tetap masyarakat miskin," sebut Surunuddin.


Surunuddin menambahkan bahwa kebijakan daerah lainnya yang diharapkan dapat di suport melalui DD adalah mendorong penyertaan modal BUMDes.


"Kemudian menyediakan internet desa untuk mendukung implementasi desa digital, penanganan stunting dan menggalakkan kegiatan ketahanan pangan dan hewani, penanganan covid 19 dan dukungan pelaksanaan vaksinasi dan imunisasi anak sekolah,"harapnya.(dks)


Reporter : Cindi

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Dukung Pengelolaan Pemerintah Desa, DPMD Konsel Percepat Pencairan Dana Desa
Dukung Pengelolaan Pemerintah Desa, DPMD Konsel Percepat Pencairan Dana Desa
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhg4g3JO__l688PQBWTWnOlmhSB8Zy3cWr9Rk9k-7yiHsQZBpGEg5HPqIKTgj2IR73IKmz7kdxi9dXpYYqGOA-mUcCgcnMJy4AiS4LkwnkiEzMSNwI10DkzLMVr5eg0mj1Sl6GgoDuoK3_b7Q4G-0UU_LKPYXJ7uzQ8gDvelwdwE_IC7nPt4XNr19mbXQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhg4g3JO__l688PQBWTWnOlmhSB8Zy3cWr9Rk9k-7yiHsQZBpGEg5HPqIKTgj2IR73IKmz7kdxi9dXpYYqGOA-mUcCgcnMJy4AiS4LkwnkiEzMSNwI10DkzLMVr5eg0mj1Sl6GgoDuoK3_b7Q4G-0UU_LKPYXJ7uzQ8gDvelwdwE_IC7nPt4XNr19mbXQ=s72-c
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/02/dukung-pengelolaan-pemerintah-desa-dpmd.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/02/dukung-pengelolaan-pemerintah-desa-dpmd.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content