Sekda Koltim Hadiri Sekaligus Buka Secara Resmi Kegiatan HUT Transmigrasi Ladongi 1.A ke 50

  KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Sejak terbentuknya Transmigrasi asal Bali di Ladongi  tahun 1972 hingga tahun 2022 maka usianya telah genap ke 50 ...


 KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Sejak terbentuknya Transmigrasi asal Bali di Ladongi  tahun 1972 hingga tahun 2022 maka usianya telah genap ke 50 tahun.  Olehnya itu mayarakat Bali di Kecamatan Ladongi  merayakan  Hari Ulang Tahun (HUT)  Transmigrasi Ladongi 1.A  ke 50 yang jatuh pada tanggal 23 September 2023.   Dan ini membuntikkan etnik ini telah berkembang selama setengah abad di daerah Kabuoaten  Kolaka Timur.


Diperayaan yang ke 50 tahun ini Pemda Koltim atas nama Plt. Bupati yang diwakili Sekda Koltim bersama rombongan  menghadiri acara yang dimeriahkan dengan berbagai seni budaya Bali yang dikolaborasikan dengan seni budaya Tolaki sebagai suku Asli yang mendiami daerah ini.


Dalam kegiatan yang bertemakan "membangun peradaban dalam bingkai kebhinekaan dari pinggiran desa transmigrasi untuk membangun negeri". Turut dihadiiri, Ketua TP-PKK Koltim, Para Pimpinan OPD, Kapolsek Ladongi, Danramil Rate-Rate, Camat Ladongi,  Anggota DPRD Koltim, Salah satu Anggota DPRD Konawe, Tokoh Masyarakat, Insan Pers dan pihak-pihak terkait lainnya.


Sekda Koltim Andi Muhammad Iqbal Tongasa yang mewakili Plt. Bupati Koltim  membuka secara resmi kegiatan ini, Sekda  mengatakan, jika  mengenang  perjalanan selama kurun lima puluh tahun bukanlah waktu yang singkat, tentu banyak sekali suka duka yang  di alami para transmigran tersebut.



 "Saya yakin tentulah lebih banyak dukanya apalagi dimasa-masa awal bapak/ibu saudara menginjakan kaki di dataran sulawesi tenggara khususnya ladongi ini,"kata Sekda Koltim saat memberikan sambutan HUT Transmigrasi Ladongi 1.A  di salah satu Pura di Ladongi, Jumat (23/9/2022)


Ia mengungkapkan, jika  mengenang  lima puluh tahun silam ladongi tentulah tidak seramai dewasa ini,  sebagaimana yang terbayang sebab  waktu itu tentulah masih hutan belantara, akses transportasi yang pasti masih sangat sulit.


"Jangankan telekomunikasi listrik pastilah belum ada saat itu, semua kesulitan dan hambatan dapat bapak/ibu lalui dalam kebersamaan saling bergandeng tangan dan bahu membahu dengan mengesampingkan  semua perbedaan yang mungkin ada saat tu,"terangnya.


Ia mengatakan,  ada beberapa alasan yang melatar belakangi adanya  program transmigrasi diantaranya, pemerataan persebaran penduduk; meningkatkan taraf hidup masyarakat, penyediaan lapangan kerja; pemerataan pembangunan peningkatan kesatuan dan persatuan.


Untuk itu, melalui momentum ini, Bupati  menitikberatkan pada peningkatan persatuan dan kesatuan.


"Saya berharap kita semua, dapat semakin meningkatkan semangat kekeluargaan, kebersamaan dan persatuan. karena ini merupakan modal sosial dalam membangun Kabupaten Kolaka Timur kedepannya, khususnya dalam mempercepat tervwujudnya visi Kabupaten Kolaka Timur 2021-2026 yakni, sejahtera bersama masyarakat kolaka timur yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan,"harapnya.


"Kami juga berharap, agar seluruh stakeholder dapat semakin berkontribusi positif dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial pembangunan di daerah,"tambahnya


Sementara itu, Salah satu Tokoh masyarakat Transmigran Bali Ladongi 1.A, Ida Bagus Putu Widiana  dalam selayang pandangnya   mengungkapkan, bahwa pada tanggal 20 september 1972, mereka yang merupakan  rombongan transmigran  Bali gelombang 1 sebanyak 100 kk kurang lebih 600 jiwa berangkat dari pelabuhan Benoa melalui jalur laut dengan KM  Bidara.


"Itu tepatnya tanggal 23 september 1972, sekitar jam 9.00 kami tiba di Pelabuhan Kendari, 10 KK  dengan pakaian seragam dan topi anyaman daun Kelapa yang merupaka ciri khas petani di Bali. Waktu itu Kami berbaris mengikuti upacara penyambutan yang di terima langsung oleh bapak Gubernur Sulawesi Tenggara saat itu  Bapak Edi Sabara dan  setelah acara penerimaan selesai, Kami di berangkatkan dengan menggunakan Truck. Kurang lebih jam 17.00  tiba diladongi tepatnya di SD  Lamotau yang sekarang telah menjadi SDN 2 Ladongi,"kenangnya melalui sambutan.



Lebih lanjut, Ia menceritakan, bahwa setelah makan malam, mereka berkumpul di Balai Desa Ladongi untuk mengikuti acara penerimaan oleh bapak Bupati Kolaka selaku pemerintah daerah saat itu  melalui Camat Tirawuta H. Muhammad  Nur Latamoro selaku camat pertama di Tirawuta.


Sementara, Pendamping transmigrasi  yang mewakili Gubernur Bali dalam sambutanya saat itu mengatakan bahwa pihaknya  menitipkan dan menyerahkan warga Bali kepada Bupati dengan  memohon pembinaan karena mereka adalah Petani yang tekun dan terampil.


Selanjutnya, Ia juga  menuturkan  sambutan yang disampaikan  Bupati Kolaka saat itu, bahwa Beliau  dengan senang hati menerima dan akan membina warga transmigras, untuk bersama-sama membangun Daerah Ladongi sehingga menjadi Lumbung Pangan di Kabupaten Kolaka. 


"Setelah selesai sambutan bupati Kolaka, Kami melihat di atas Meja ada sebuah Loyang beralaskan Kain dan berisi lingkaran Rotan pada saat itu Kami tidak memahami apa makna simbol tersebut. Namun setelah beberapa Hari, atas penjelasan saudara Kami dari  Pribumi Tolaki mekongga, bahwa Loyang yang beralaskan Kain dan Rotan itu artinya adalah  kedatangan Kami telah  di terima secara adat Tolaki Mekongga,"ceritanya.


"Kami merasa terharu atas penerimaan Kami yang dilakukan secara adat, dan  setelan acara penerimaan selesai,  maka dilanjutkan dengan pementasan Kesenian daeran Lulo,  namun karena hari sudah larut malam Kami meminta izin untuk beristirahat,"lanjutnya bercerita.


Tokoh Transmigran itu menceritakan,  kedatangan para transmigrasi asal Bali di Ladongi bertahap, sebab 3 bulan setelah itu disusul  rombongan transmigrasi Bali yang  kedua sebanyak 20 kk dan mereka ditempatkan di blok D dan blok E.


"Selanjutnya disusul lagi transmigrasi spontan dari Bali sebanyak 60 kk yang di tempatkan di blok H, I dan L. Dan  tahun berikutnya datang lagi  transmigrasi Bali yang  ditempatkan di Ladongi 2, sehingga membuat Ladongi semakin ramai,"demikian cerita dari salah satu tokoh masyarakat transmigran Bali, Ida Bagus Putu Widiana melalui sambutan HUT Transmigrasi Ladongi 1.A.


Penulis : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Sekda Koltim Hadiri Sekaligus Buka Secara Resmi Kegiatan HUT Transmigrasi Ladongi 1.A ke 50
Sekda Koltim Hadiri Sekaligus Buka Secara Resmi Kegiatan HUT Transmigrasi Ladongi 1.A ke 50
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV1A9mtIGsybUHnPZOFAB3p6QkaRuP_oRqSZBV0r5o5fnD9eWAC1KEYSdkXeKmqHFSk_yJIknEc0TqzyLmdIol9d_eAKTT8Hf2_BGsXkVhnGf1ytHWde8zy0Xh6NkX8rnosCrF1rIpMHU4SEum_D4AYkNbm0rLGhbe7br-PvyjN0rJwPPxOR_RyMk6RA/s1600/20220923_165340.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV1A9mtIGsybUHnPZOFAB3p6QkaRuP_oRqSZBV0r5o5fnD9eWAC1KEYSdkXeKmqHFSk_yJIknEc0TqzyLmdIol9d_eAKTT8Hf2_BGsXkVhnGf1ytHWde8zy0Xh6NkX8rnosCrF1rIpMHU4SEum_D4AYkNbm0rLGhbe7br-PvyjN0rJwPPxOR_RyMk6RA/s72-c/20220923_165340.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/09/sekda-koltim-hadiri-sekaligus-buka.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/09/sekda-koltim-hadiri-sekaligus-buka.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content