Panen Raya di Welala, Kadistanak : Ini Berkat Upaya Petani yang Didukung Pemda

KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Sebagai salah satu wujud keberhasilan para Petani di Kabupaten  Kolaka Timur (Koltim) yang tentunya  bagian dari ben...


KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Sebagai salah satu wujud keberhasilan para Petani di Kabupaten  Kolaka Timur (Koltim) yang tentunya  bagian dari bentuk dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam upaya peningkatan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Kolaka Timur.


Dukungan Pemda disini misalkan, melalui edukasi khususnya  Petani Sawah  mengenai informasi  adaptasi terhadap cuaca dan iklim esktrem dalam pertanian serta perbaikan  dan pembuatan Bendungan dan irigasi.


Alhasil, para Petani Sawah di  Kolaka Timur khususnya, Petani yang tergabung dalam kelompok tani Gapoktan Surya Tani yang berada di Kelurahan Welala, Kecamatan Ladongi Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini dapat  malaksanakan panen raya di 440,5 hektare Sawah.


Melalui keberhasilan ini, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Kadistanak) Kabupaten Kolaka Timur Hamdi  memberikan apresiasi atas keberhasilan dan kesuksesan para petani Sawah yang tergabung pada  Gapoktan Surya Tani dalam menggarap lahan pertanian hingga panen.


"Pesta panen raya yang dilaksanakan oleh Gapoktan  Surya Tani yang berada di kelurahan Welala kecamatan Ladongi kabupaten Kolaka Timur ini kita anggap sukses berkat upaya Petani dan kerja sama yang didukung Pemda, tentunya terutama dari Petani sendiri selaku pelaku sehingga panen bisa  mencapai 9,4 ton,"ujar Hamdi kepada Situssultra.com saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Minggu (20/11/2022).


Pria yang bergelar Magister Pertanian itu,  menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah ikut menyukseskan panen raya yang dirangkaikan dengan pemberian Hadiah mulai dari Hadiah Motor hingga pemberian Sembako.


"Kmudian dari teman-teman Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan, Camat, Kapolsek,  Lurah,  juga dari Babinsa dan Kamtibmas yang telah hadir dalam kegiatan ini, saya juga ucapkan terima kasih kepada distributor yang  telah membantu petani dalam artian telah berhasil membuat depot khususnya teman-teman distributor pupuk, seperti DGW, Pestisida,"ucap Hamdi.


Hamdi  juga menyebutkan, bahwa jenis Padi yang dipanen antara lain,  Padi Serang, Mekongga dan Ciliwung. 


"Kemudian ada juga jenis Padi lainnya,"sebutnya.


Kata Hamdi, untuk saat ini Kecamatan  Ladongi dan Dangia termasuk lokasi yang sudah tinggi hasil panennya. Sedangkan untuk tempat lain masih perlu pendampingan dari distributor seperti, di  Tinondo, Lalolae dan Mowewe. 


"Karena, jujur saja ketiga Kecamatan ini masih sangat rendah produksi panennya. Mungkin dari kemampuan petaninya itu sendiri kemudian kurangnya pendampingan dari teman-teman distributor,"ungkapnya.


Untuk itu, Ia berharap agar Petani Sawah  di Koltim tetap tekun  melakukan penanaman Padi  sehingga eksis melakukan panen dimana saja  dan kapan saja tetap dilaksanakan, sebab menurutnya, ini bagian dari  harapan Pemda.


"Ini sesuai dengan Program Pak Bupati dalam mendorong Petani untuk  selalu menanam  dan memanen kapanpun,"harapnya.


Reporter : Rapli

Penulis : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Panen Raya di Welala, Kadistanak : Ini Berkat Upaya Petani yang Didukung Pemda
Panen Raya di Welala, Kadistanak : Ini Berkat Upaya Petani yang Didukung Pemda
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLNkZJdVNnkwCdvtJG_eeODnVskl0vXnnleIQ9DfH11oZmG0TkFBxklCStieosxUHdFSTvrQhD53NkPFBo8gyYuEN2xa6UZxW82wTs4dP5HNhzhM-VvUugV1i8gJb8ubL62gYzfRc5MBT-SN5VQIZSA61V8qPezTh_sbLQ_gQjNawwgevEdgtQoplV2A/s320/IMG-20221120-WA0028.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLNkZJdVNnkwCdvtJG_eeODnVskl0vXnnleIQ9DfH11oZmG0TkFBxklCStieosxUHdFSTvrQhD53NkPFBo8gyYuEN2xa6UZxW82wTs4dP5HNhzhM-VvUugV1i8gJb8ubL62gYzfRc5MBT-SN5VQIZSA61V8qPezTh_sbLQ_gQjNawwgevEdgtQoplV2A/s72-c/IMG-20221120-WA0028.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/11/panen-raya-di-welala-kadistanak-ini.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/11/panen-raya-di-welala-kadistanak-ini.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content