Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Petani, Pemda Koltim Gelar Bupati Menyapa Petani

Pemda Koltim sedang menggelar kegiatan Bupati menyapa Petani  di Aula Pertemuan Kantor Bupati Koltim yang diikuti sejumlah Kelompok Tani dan...

Pemda Koltim sedang menggelar kegiatan Bupati menyapa Petani  di Aula Pertemuan Kantor Bupati Koltim yang diikuti sejumlah Kelompok Tani dan para Penyuluh Pertanian se Kabupaten Koltim,  Senin (7/11/2022) (Img : ist/Sis) 

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Pemerintah daerah ( Pemda) Kabupaten Kolaka Timur ( Koltim ) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, terus melakukan inovasi dan sosialisasi  dalam  mengembangkan dan membangun semangat Petani di Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).


Salah  satunya kegiatan Bupati menyapa  Petani yang digelar di Aula Pertemuan Kantor Bupati Koltim pada Senin (7/11/2022). Kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kapasitas kelembagaan Petani dengan mengankat tema "Pengembangan kapasitas kelembagaan Kelompok Tani sebagai pilar pemberdayaan Petani"


Melalui kegiatan ini, Plt. Bupati Koltim Abd. Azis mengatakan, bahwa kegiatan  ini merupakan kesempatan bagi dirinya selaku Bupati untuk bertatap muka dan bersilaturahmi secara langsung dengan   penyuluh  dan para  Petani.


Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, kegiatan ini merupakan wahana pertemuan antara penyuluh dan petani secara bersama-sama untuk memperkuat kelembagaan petani dalam pembangunan pertanian di Kolaka Timur, demi  untuk mengembangkan kapasitas kelompok tani sebagai pilar pemberdayaan petani di Kolaka Timur dan untuk  menyelaraskan tugas fungsi penyuluhan dengan peran kelompok tani


"Ini kesempatan bagi saya selaku Bupati untuk bisa bertatap muka dan bersilaturahmi secara langsung pada bapak/ibu penyuluh dengan bapak/ibu petani sekalian,"ujar Bupati melalui sambutan dihadapan para Penyuluh pertanian dan Kelompok Tani se Kabupaten Kolaka Timur.

Plt. Bupati Koltim, Abd Azis, S.H (Paling Kiri) sedang menyapa sejumlah Kelompok Tani dan Para Penyuluh pertanian se Kabupaten Koltim di Aula Pertemuan Kantor Bupati Koltim dalam acara "Bupati Menyapa Petani"

Bupati mengungkapkan, Kabupaten Kolaka Timur merupakan daerah sentra pertanian yang mayoritas penduduknya adalah petani. Olehnya itu  Peran petani dan penyuluh sangat diperlukan untuk memperkuat kelembagaan petani di Kolaka Timur agar visi-misi Pemerintah Daerah bisa terlaksana dengan baik. 


"Kegiatan ini merupakan wahana pertemuan antara penyuluh dan petani secara Bersama-sama untuk memperkuat kelembagaan petani dalam pembangunan pertanian di Kolaka Timur, Untuk mengembangkan kapasitas kelompok tani sebagai pilar pemberdayaan petani di Kolaka Timur,"jelasnya.


Kata dia,  kegiatan ini untuk menyelaraskan tugas fungsi penyuluhan dengan peran kelompok tani dan salah satu kegiatan pemerintah daerah untuk penguatan kelembagaan pertanian melalui OPD Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan yakni,  “Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani” yang merupakan bagian program visi misi pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Timur melalui “Bupati Menyapa Petani”.

"Dengan adanya kegiatan ini saya selaku Bupati secara langsung dapat mengetahui permaslahan petani agar peran kelompok tani dapat berjalan dengan baik,"ucapnya.


Sebagai  daerah sentra pertanian yang mayoritas penduduknya adalah petani. Maka  peran Petani dan penyuluh sangat diperlukan untuk memperkuat kelembagaan petani di Kolaka Timur agar visi-misi Pemerintah Daerah bisa terlaksana dengan baik. 


"Pengembangan kelembagaan merupakan salah satu komponen pokok pembangunan pertanian dan perdesaan. Namun sementara ini, kelembagaan petani cenderung hanya diposisikan sebagai alat untuk mengimplementasikan proyek belaka, belum sebagai upaya untuk pemberdayaan yang lebih mendasar,"sindirnya.


Ia menuturkan, bahwa mengingat Kelembagaan Penyuluhan Pertanian di Kabupaten Kolaka Timur sampai saat ini masih dalam tahap pembenahan termasuk didalamnya kelembagaan kelompok tani, Gapoktan atau LEM (Lembaga Ekonomi Masyarakat) sehingga keberadaan penyuluh masih dianggap penting sebagai fasilitator dan motivator dalam mengerjakan pembenahan kelembagaan tersebut. 


"Sehingga saya selaku Bupati Kolaka timur sangat berharap melalui kegiatan ini bisa saling bertukar informasi untuk pengembangan kelembagaan penyuluh dan petani kedepannya untuk mencapai program pembangunan pertanian khususnya di Kabupaten  Kolaka Timur,"tuturnya.


Ia juga mengungkapkan, bahwa salah satu kegiatan pemerintah daerah untuk penguatan kelembagaan pertanian melalui OPD Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan yaitu “Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani” yang merupakan bagian program visi misi pemerintah daerah kabupaten Kolaka Timur yaitu “Bupati Menyapa Petani”.


 "Dengan adanya kegiatan ini secara langsung saya juga dapat mengetahui permaslahan petani agar peran kelompok tani dapat berjalan dengan baik,"terangnya.

Salah satu yang menjadi fokus pembangunan di daerah Kabupaten Kolaka Timur adalah mewujudkan tujuan pembangunan nasional terutama dibidang pertanian, yaitu menciptakan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern. 


Hal tersebut sejalan dengan visi kementrian pertanian yaitu Pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern untuk Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian berlandaskan Gotong Royong. 


"Oleh karena itu melalui kegiatan ini saya sangat mengharapkan ditangan-tangan penyuluh dan petani sekalian bisa membantu mensukseskan program Pemerintah Daerah Kabupaten KolakaTimur,"harapnya.


Untuk diketahui kegiatan ini  merupakan gagasan atau  program kerja Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan yang dipandu langsung Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kolaka Timur, Hamdi, SP, MP  dan turut dihadiri, Asisten II, para pimpinan OPD yang sempat hadir, Kabag, para Penyuluh serta  Kelompok Tani se Kabupaten Kolaka Timur. Dan kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Dosen Unhalu, Yani Taupik.


Editor : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,711,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Petani, Pemda Koltim Gelar Bupati Menyapa Petani
Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Petani, Pemda Koltim Gelar Bupati Menyapa Petani
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijtUN9zSXhrCv0oFu-1wnt25LANk3BOSuoH75jay-0lxgRFjEeDZ1Qo6eOp4XVy8Zu-V1Uai6QgSeELmw_8_vuY4nsYMkH5Dpw9AE-Ds6-oQtIRkAdVm7Ml2Qxbqge3XPy9uZJl7MbjGk8rknSpDJRarudo6GPcz-jgibfBgp8yodFWMoIFKgAON3vWQ/s320/IMG-20221107-WA0034.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijtUN9zSXhrCv0oFu-1wnt25LANk3BOSuoH75jay-0lxgRFjEeDZ1Qo6eOp4XVy8Zu-V1Uai6QgSeELmw_8_vuY4nsYMkH5Dpw9AE-Ds6-oQtIRkAdVm7Ml2Qxbqge3XPy9uZJl7MbjGk8rknSpDJRarudo6GPcz-jgibfBgp8yodFWMoIFKgAON3vWQ/s72-c/IMG-20221107-WA0034.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/11/tingkatkan-kapasitas-kelembagaan-petani.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/11/tingkatkan-kapasitas-kelembagaan-petani.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content