Hasilkan Auditor Berkualitas Pemda Koltim Gandeng BPKP Lakukan Tes Wawancara untuk 5 Peserta

  Tim seleksi dari BPK Provinsi sedang melakukan tes wawancara terhadap salah satu peserta calon Auditor Inspektorat Koltim, di ruang sekret...

 

Tim seleksi dari BPK Provinsi sedang melakukan tes wawancara terhadap salah satu peserta calon Auditor Inspektorat Koltim, di ruang sekretaris Inspektorat Kabupaten Kolaka Timur, Rabu (1/3/2023) (Img : Situssultra.com)
KOLTIM,SITUSSULTRA.com'-Melalui hasil seleksi  rekruitmen Calon Pejabat Fungsional Auditor lingkup Inspektorat Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) yang  dilaksakan beberapa waktu lalu maka Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim mengandeng Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk  melakukan tes wawancara bagi 5 Calon Auditor yang telah dinyatakan lulus pada 2022.

Kegiatan ini, dihadiri Sekda Koltim Andi Muhammad Iqbal Tongasa Kepala Inspektur Koltim Marce Kasim dan Tim Seleksi dari Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) serta pihak terkait lainya tepatnya di salah satu ruang di Gedung Inspekrorat Kolaka Timur, Rabu (1/3/203).

Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang P3 BPKP Sultra, Acep Supiani mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sesuai permintaan  Plt. Bupati Koltim, Abd Azis, SH,MH  bahwa untuk memperkuat SDM Inspektorat harus memilih  SDM yang berkualitas.

"Ini arahan pak Bupati beliau  meminta bantuan BPKP untuk memilihkan Auditor yang berkualitas,"ungkapnya.

"Dan Kami mencoba melakukan tes wawancara melihat potensi-potensi calon peserta yang sudah diseleksi inspektorat,"sambungnya.

Ia menjelaskan peserta yang telah diseleksi  dilakukan tes wawancara apakah mereka bisa memenuhi kompetensi yang dibutuhkan sebagai Auditor.

Ia juga  menyebutkan bahwa  jumlah peserta yang diseleksi sebanyak 5 orang dan semuanya dapat mengikuti tes wawancara dengan baik.

"Sebenarnya ada 8 orang tapi mungkin karena adanya pertimbangan lain dari Kadis yang sebelumnya jadi untuk sementara 5 yang telah Kami lakukan wawancara dan semuanya bagus,"jelasnya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap peseta  bisa memenuhi kompetensi sebagai auditor yang memiliki kemampuan dalam melakukan tugas.

"Nanti untuk peningkatan kompetensi sendiri akan  ada tahapan berikutnya melalui diklat dan seterusnya,"sebutnya.

Menurutnya, jika peserta  memang sudah berkompeten maka  yang bersangkutan akan di angkat sebagai tim auditor.

"Kami tugasnya khusus mewawancara tapi dari sisi informasi yang diperoleh dari inspektorat sudah ada seleksi berkas, administrasi,"bebernya.

Ia juga mengungkapkan bahwa  secara kebutuhan dari inspektorat maka perlu ada  sekitar 15 orang cuman kata dia  Koltim sendiri mungkin SDM nya masih relatif dan terbatas.

"Karena  yang registrasi 10 orang sedangkan  yang ikut tes wawancara hanya  5 orang,"terangnya.

Acep mengharapkan kepada  pesera Calon Auditor  yang telah tes wawancara  bukan sekedar mencari kesalahan, tetapi harapannya bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah.

"Jadi, sudut pandangnya tolong dirubah, nanti jangan lupa, terus meningkatkan kompetensi supaya bisa memberikan pendapat yang lebih bagus,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Inspektur Inspektorat Koltim, Marce Kasim mengatakan 5 orang peserta yang telah mengikuti  tes wawancara merupakan hasil  penerimaan Calon Auditor yang telah diseleksi guna mendorong peningkatan kualitas kinerja inspektorat Koltim  khususnya bagian Pemeriksa.

Kata Marce, Program kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan dorongan Plt. Bupati Koltim terkait Sumber Daya Manusia (SDM) guna mewujudkan Auditor yang berkualitas dalam meningkatkatkan kinerja inspektorat Koltim. Sebab  Pelaksanaan fungsi pengawasan intern Inspektorat akan optimal apabila didukung Sumber Daya Manusia yang sesuai dengan analisis beban Kerja Pengawasan Intern.

"Program  ini terlaksana atas dukungan  Bupati Koltim Abd Azis guna menghasilkan Auditor yang memiliki SDM dan berkualitas serta profesional dalam melaksanakan,"kata Marce Kasim.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Hasilkan Auditor Berkualitas Pemda Koltim Gandeng BPKP Lakukan Tes Wawancara untuk 5 Peserta
Hasilkan Auditor Berkualitas Pemda Koltim Gandeng BPKP Lakukan Tes Wawancara untuk 5 Peserta
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdDdb35ukE1jrxen9ETgNlJxoQN6m8dI9oM15_LAalKmL92iKyvoYpScjxnFilDdCP-ggIZYUf-FqZS7FdVjQCelMV2K00l8GXY46fxsQG5oXpV9r0w4KvFtqqsyc0IAg-wzVr2Cr2ThcXW9vRNkvj25LLiQKUu3fpApBzh4FMaUQ_a2bnJOQTv70O1Q/s320/20230301_113005.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjdDdb35ukE1jrxen9ETgNlJxoQN6m8dI9oM15_LAalKmL92iKyvoYpScjxnFilDdCP-ggIZYUf-FqZS7FdVjQCelMV2K00l8GXY46fxsQG5oXpV9r0w4KvFtqqsyc0IAg-wzVr2Cr2ThcXW9vRNkvj25LLiQKUu3fpApBzh4FMaUQ_a2bnJOQTv70O1Q/s72-c/20230301_113005.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/03/hasilkan-auditor-berkualitas-pemda.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/03/hasilkan-auditor-berkualitas-pemda.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content