Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Koltim Melalui Gemas

KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Sejalan dengan tujuan Pembangunan Desa, maka Objek Wisata dapat  meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rak...

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Sejalan dengan tujuan Pembangunan Desa, maka Objek Wisata dapat  meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan dan dapat menambah sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu pengembangan  wisata di Desa  juga merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan Desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Karena itu, tiap daerah dan desa perlu mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur dibawah kendali Abd Azis, SH,MH selaku Plt. Bupati Koltim melalui tagline gerakan membangun dan melayani Masyarakat (GEMAS) kini mulai melakukan Survei dengan mengunjugi objek wisata yang selama ini belum dikelola dengan baik. Padahal jika potensinya dimaksimalkan, wisata ini bisa memberi manfaat terhadap peningkatan pembangunan dan kesejahteraan Masyarakat di Koltim.

Potensi wisata yang ada saat ini, dinilai belum dikelola secara maksimal. terutama untuk menarik perhatian  pengunjung.

 Pasalnya banyak destinasi Wisata  yang bisa  menjadi magnet kunjungan wisatawan. Salah satunya  Air Terjun yang ada di Uluiwoi.

Dan tak kalah menariknya objek wisata Embun yang ada di Desa Teposua, salah satu Desa yang terselip di antara  Kecamatan Loea dan Ladongi,  dikatakan terselip karena Desa ini letaknya dihimpit beberapa Desa di wilayah Kecamatan Loea dan Ladongi  Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dan lokasinya  berada pada jalur Lorong  penghubung Kecamatan Ladongi.

Namun siapa sangka kalau ternyata Desa Teposua ini  menyimpan sebuah  destinasi wisata  Alam berupa Mata Air Embun  yang menarik untuk dikunjungi. Menariknya tempat ini telah disulap menjadi sebuah Kolam renang. 

Hal ini diketahui saat Pemda Koltim  menggelar acara Musyawarah rencana pembangunan  (Musrebang) tingkat kecamatan di Desa Teposua Kecamatan Loea.

“Disini punya keindahan Wisata yang luar biasa, ada Embun Telaga Biru berupa Kolam renang saya senang dengan Suasananya nyaman Asri,"ungkap Bupati Koltim saat menghadiri musrebang tingkat Kecamatan yang digelar di Lokasi Wisata Embung Telaga Biru Desa Teposua baru-baru ini. 

"Dan yang membuat Kami  sangat kagum dan senang karena penyambutan warganya yang santun dan ceria, ini sangat luar biasa,"sambungnya mengakui. 

Ditempat itu,  Bupati juga  mengungkapkan jika Kabupaten Kolaka Timur  memiliki keindahan dengan berbagai macam destinasi wisata,  hanya saja masiih banyak objek Wisata yang belum dapat dijangkau karena pengelolaan dan aksesnya yang belum maksimal, padahal kata Bupati anggaran untuk pariwisata di Kementerian cukup banyak.

"Di Kementerian baik itu PU dan Pariwisata dan Pertanian anggaran disana banyak,"sebutnya.

Kata dia, untuk mendapatkan anggaran pembangunan Pariwisata dari Kementerian maka pihaknya berharap agar pemerintah Desa dan Kecamatan melakukan musyawarah dengan Masyarakar guna  menampung aspiarasi warga terkait kebutuhan yang menjadi skala prioritas dan salah satunya Pariwisata.

"Tidak mungkin anggaran Pusat turun kalau bukan usulan dari Pemda dan yang mengetahui secara persis anatomi dan kebutuhan Masyarakat ditingkat Desa yaitu Pak Desa Sendiri Pak Camat dan kepala Daerah yang akan mengusulkan ketingkat Pusat,"jelasnya.

Bupati juga  menuturkan jika pihaknya telah berkordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian dalam negeri dan  Pariwisata namun yang menjadi kendala terkait masalah pengimputan data yang tidak terupdate.

"Data kita selama ini tidak pernah terupdate, data kita tidak pernah ada perubahan-perubahan  secara signifikan Secara utuh, bayangkan Dana Alokasi Khusus yang kita pernah dapat ditahun 2022 hanya melalui nontematik padahal sesungguhnya ada beberapa slot yang bisa terisi Dana Alokasi Khusus  salah satunya adalah tematik Pariwisata,"ungkap Bupati.

Bupati juga mengatakan bahwa Koltim memiliiki keindahan yang luar biasa terkait dengan Destinasi Pariwisata yang bisa dikembangkan agar dapat  bermanfaat untuk memberi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat yang ada disekitarnya.

 "Objek Wisata kita ada Air terjun, ada Embun Teposua, cuman data ini kita belum isi  sehingga untuk mendapatkan dana pembangunan Pariwisata masih butuh proses,"jelasnya.

Advertorial : Situs Sultra

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Koltim Melalui Gemas
Peran Pariwisata dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Koltim Melalui Gemas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS8pXG1myHfp6p1zeQSfI0J8YoaD5o6JGTV3wXzC5kkapqh7EFN0_Ux2SzqHglCqiygX48yV9_lJFMUpBRLTL5WgK23gIkCaqWrPYanvIMtT54XbWjISoWWmF-0lJlBfYL5t06NSBEzAuUEWaKFEkQh9XR_uFIiBX413E_0oMkIJjTY8x4NbZzM-A9yQ/s320/20230221_170634.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgS8pXG1myHfp6p1zeQSfI0J8YoaD5o6JGTV3wXzC5kkapqh7EFN0_Ux2SzqHglCqiygX48yV9_lJFMUpBRLTL5WgK23gIkCaqWrPYanvIMtT54XbWjISoWWmF-0lJlBfYL5t06NSBEzAuUEWaKFEkQh9XR_uFIiBX413E_0oMkIJjTY8x4NbZzM-A9yQ/s72-c/20230221_170634.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/03/peran-pariwisata-dalam-meningkatkan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/03/peran-pariwisata-dalam-meningkatkan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content