Upaya Pemda Koltim dalam Melestarikan Pariwisata Melalui Gemas

  KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Untuk ...

 


KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Untuk itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur akan terus berupaya mengembangkan sejumlah  Destinasi Pariwisata dan menyiapkan rencana  pengembangan Pariwisata dengan mengimplementasikan konsep pariwisata berkualitas, mulai dari aspek aksesibilitas dan konektivitas.

 Secara khusus, Pemda Koltim dibawah Komando Abd Azis, SH, MH selaku Plt. Bupati Kolaka Timur melalui programnya Gerakan membangun dan melayani Masyarakat (Gemas)  berkomitmen untuk mengembangkan dan melestarikan Kebudayaan dan Destinasi Wisata yang ada di Bumi Sorume ini.

Olehnya itu, bagi Abd Azis  suatu kebahagiaan dan anugerah begitu besar bagi Masyarakat Kolaka Timur yang memiliki Kekayaan Alam yang melimpah. Bagaimanapun sumber daya alam adalah suatu kekayaan. Sebab Kekayaan suatu wilayah yang paling utama terletak pada potensi sumber daya alam yang dimilikinya.

 Kita semua mengetahui bahwasannya bentang alam di Bumi ini berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oehnya itu, Kekayaan Alam yang dimiliki Kolaka Timur merupakan anugrah besar yang patut disyukuri.

Dan salah satu, kekayaan Alam yang patut dibanggakan  seperti Wisata Alam yang begitu menakjubkan dapat ditemui di sejumlah Wilayah Kolaka Timur diantaranya,  Air terjun Talisewu yang masih sangat asri.  Wisata Air terjun ini diberi nama Talisewu karena penampakannya yang sayang sekali jika dilewatkan ketika berkunjung ke Kabupaten Kolaka Timur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tepatnya di Desa Likuwalanapo Kecamatan  Ueesi.

Diketahui, Sungai dari air terjun Talisewu memiliki panjang 20 Kilometer. Sehingga  Destinasi ini sungguh menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena air terjun tersebut melewati bebatuan alam yang tersusun seperti tangga, serta dikelilingi rimbunan  alam yang  hijau.

Untuk menggapai Air Terjun Talisewu ini bisa ditempuh melalui perjalanan darat kurang lebih  selama 4 jam dari Ibu  kota Kolaka Timur.

Selain Air Terjun Talisewu ada juga tempat wisata baru yang bisa Anda kunjungi yakni,  Bendungan Ladongi yang terletak di Kelurahan  Atula, Kecamatan Ladongi. Dimana Keindahan Bendungan Raksasa yang diresmikan Presiden Jokowi ini sangat memberikan kenyamanan saat pengunjung berada di area Bendungan tersebut. Sehingga hal ini perlu dijaga dan dilestarikan.

Pada saat peresmian, Presiden Jokowi melihat terkait adanya  potensi wisata di bendungan Ladongi ketika menaiki perahu naga

Jika Anda ingin berkunjung di lokasi Bendungan Ladongi maka Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan dari Ibu Koltim Rate-Rate, Anda hanya  dapat menempuh waktu perjalanan selama kurang lebih  30 menit atau setengah jam. Jadi Anda mengakses jarak sekira 14 kilometer dari Jalan Poros Rate-Rate menuju arah Kecamatan Ladongi.

Saat masuk area Wisata tersebut, pengunjung akan melewati Gerbang Bendungan Ladongi yang didesain  dengan motif ciri khas budaya suku Tolaki.

Laluvpengunjung jugacakan melewati tanjakan jalan yang disertai tikungan sepanjang kurang lebih 2 kilometer hingga di tempat wisata tersebut.

Diketahui, di Kawasan itu ada juga Menara yang ada di Bendungan Ladongi. Dan  ini juga cukup tinggi, terdapat beberapa bangunan rumah di tempat wisata yang cukup menakjubkan 

Bahkan, Bendungan Ladongi ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai mulai dari masjid dan toilet umum, sehingga pengunjung bisa berwisata dengan rasa aman dan nyaman.

Belum lagi, Air Terjun  Tetewa yang memiliki sumber air yang keluar melalui celah-celah bebatuan. Dan menariknya sejumlah sumber air ini berbeda dengan setiap musimnya.

Anda dapat menyaksikan jika pada musim hujan, sumber air yang keluar dari celah bebatuan akan jatuh langsung ke aliran sungai dan uniknya akan terlihat  lebih banyak dibandingkan pada saat musim kemarau.

Dan ketika musim penghujan air yang mengalir akan tampak kelihatan keruh, namun  saat memasuki  musim kemarau maka airnya akan berubah menjadi jernih.


Air terjun Tetewa ini menjadi  tempat wisata yang  pengunjung belum dikenakan biaya masuk, namun untuk sarana dan prasarananya sudah tersedia seperti gazebo dan wc umum, hanya saja masih butuh perawatan agar beberapa fasilitas yang ada bisa berfungsi dengan baik.

Adapun  suhu di sekitar Air Terjun Tetewa ini terasa dingin, mungkin karena ditempat wisata ini sejumlah  tanaman yang masih terawat dan terlihat  sangat asri.

Sementara itu, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis mengatakan bahwa Koltim memiliki potensi sejumlah Destinasi Wisata seperti, air terjun Talisewu yang menyimpan banyak keindahan, bahkan bisa disebut sebagai bagian dari potongan surga yang ada di Wilayah Kabupaten  Kolaka Timur Sulawesi Tenggara.

"Air terjun Talisewu yang ada di Koltim ini merupakan salah satu destinasi pariwisata yang luar biasa indahnya dan ini adalah  karunia Tuhan yang telah memberikan surga yang berada di Talisewu, Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur,"kata Bupati ketika berkunjung ke Air Terjun Talisewu saat itu.

Untuk itu, Ia menghimbau kepada warga dari mana saja bahkan kepada  seluruh masyarakat Indonesia jika berkunjung di Koltim  agar tidak melewatkan  berkunjung ke Air Terjun Talisewu yang menyimpan sejumpah keindahan.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia saya mengajak mari berkunjung  di Talisewu menikmati keindahan alam yang luar biasa,"ajaknya.(adv)

Editor : Tim Red

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Upaya Pemda Koltim dalam Melestarikan Pariwisata Melalui Gemas
Upaya Pemda Koltim dalam Melestarikan Pariwisata Melalui Gemas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXbsvkJcyEQ31a8iG1moNyH6LIDHwfHcgDqEaQWs4obJkBg13bCjAMCF9vDl7UvwBuUiouZogL0Nu6jajJHRCb5IVcrmZiItB6Qt74xI9YHrFEjYEfAc4tdyDZIIpXTcPg_JnGc1FHXR494uUcq776pKea0B1HBBhzM61tWNU2enBDybodPbJ1Y59Dt7m8/s320/20230810_221103.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhXbsvkJcyEQ31a8iG1moNyH6LIDHwfHcgDqEaQWs4obJkBg13bCjAMCF9vDl7UvwBuUiouZogL0Nu6jajJHRCb5IVcrmZiItB6Qt74xI9YHrFEjYEfAc4tdyDZIIpXTcPg_JnGc1FHXR494uUcq776pKea0B1HBBhzM61tWNU2enBDybodPbJ1Y59Dt7m8/s72-c/20230810_221103.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/07/wisata.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/07/wisata.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content