Meriahkan HUT RI ke 78, Pemdes Lamoare bersama Pemerintah Kecamatan, Launching Kampung Merdeka

  Inilah Pintu Gerbang Kampung Merdeka di Desa Lamoare yang sementara didesain dan akan dihiasi pernak pernik 17 Agusstus 1945 dengan warna ...

 

Inilah Pintu Gerbang Kampung Merdeka di Desa Lamoare yang sementara didesain dan akan dihiasi pernak pernik 17 Agusstus 1945 dengan warna Merah Putih (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 Tahun, maka Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur meluncurkan Program Kampung Merdeka.

Kegiatan ini sengaja diluncurkan agar euforia HUT RI ke 78 ini dapat dirasakan secara merata di seluruh Wilayah Kabupaten Kolaka Timur.

Dijelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memupuk jiwa kebersamaan antara Pemerintah Kecamatan Desa dan Kelurahan bersama Masyarakat. 

Selain itu, tujuan dari kegiatan ini agar membangkitkan rasa kebersamaan yakni, secara bersama-sama mendesain satu Jalan atau lorong dihiasi pernak pernik Kemerdekaan dengan menggunakan peralatan seadanya.

Sehubungan dengan hal  tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Lamoare dibawah Komando Aang Kunaifi selaku Kepala Desa, kini telah resmi melaunching Kampung Merdeka, Minggu  (6/08/2023).

Kampung Merdeka tersebut berlokasi di salah satu Lorong yang dinilai strategis karena terhubung langsung dengan Badan Jalan utama atau Poros  tepatnya di Dusun 2  Desa Lamoare  Kecamatan Loea Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepada Situssultra,  Kepala Desa Lamoare, Aang Kunaifi mengatakan  Program ini merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten  Kolaka Timur. Dengan menetapkan setiap Kecamatan diwakili 1 Desa untuk membuat Kampung Merdeka.

"Jadi Desa Lamoare ditunjuk langsung sama Pak Camat untuk mewakili Kecamatan Loea dalam hal ini mengikuti Kampung Merdeka, nanti konsepnya adan pernak pernik 17 Agustus Merah Putih yang kita telah  siapakan,"ujar Kades.

Pintu Gerbang Kampung Merdeka di Desa Lamoare setelah dihiasi parnak pernik merah Putih

Ia menyebutkan, Lorong yang dijadikan Kampung Merdeka panjangnya  sekitar 150 meter dan  didalamnya akan diadakan lomba panjat Pinang, balap Karung, tarik Tambang dan sejumlah pertandingan lainnya.

Ia juga menuturkan bahwa berdirinya Kampung Merdeka merupakan bagian dari kolaborasi antara Pemerintah Desa Lamoare  dengan Pemerintah Kecamatan Loea.

"Ini bentuk dari sinergi Kita bersama antara Kecamatan dan Desa supaya dapat terjalin antara Pemerintah Kecamatan Loea dan Desa Lamoare,"jelasnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar melalui momen ini Masyarakat Desa Lamoare dapat menumbuhkan semangat juang sebagaimana semangat para Pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Repulik Indonesia sampai titik penghabisan darah.

"Melalui momen ini mari Kita menumbuh kembangkan semangat 17 Agustus, dimana kita telah Merdeka hingga saat ini  kita tinggal mengisi Kemerdekaan ini dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,"ajaknya  mengharapkan.

Sementara itu, Camat Loea Ahmad Darwis mengatakan  Lomba Kampung Merdeka ini adalah bagian dari rangkaian dalam rangka perayaan Hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

"Dan ini merupakan program dari Panitia Kabupaten Kolaka Timur untuk mengutus 1 Lorong dalam 1 Kecamatan sebagai Kampung Merdeka dan akan dihiasi pernak pernik perjuangan,"jelasnya.

Adapun alasan memilih Lorong yang ada di Desa Lamoare dari sejumlah Desa yang ada  dikecamatan Loea, kata Camat karena  lorong yang ada di Desa Lamoare ini memudahkan  tim Penilai saat berkunjung, ketika dari arah  Lambandia atau sebaliknya.

"Kalau Kami memilih Desa yang ada di dalam maka Kami akan terkendala apalagi sekarang cuaca tidak menentu, tapi kalau di lorong ini langsung saja singgah menilai setelah itu bisa lanjut lagi, jadi ini untuk memudahkan tim saat turun menilai,"terangnya.

Ia mengharapkan, agar melalui program Kampung Merdeka ini Masyarakat Desa Lamoare khususnya dan umumnya Masyarakat Kecamatan Loea supaya dapat memaknai arti persatuan dalam menghadapi berbagai tantangan 

"Melalui kebersamaan dalam membuat Kampung Merdeka ini masyarakat dapat diingatkan kembali betapa sulitnya para  Perjuang merebut Kemerdekaan, tapi dengan semangat persatuan akhirnya Para Pejuang Kita saat itu berhasil meraih Kemerdekaan sehingga itulah tujuan dari kegiatan ini agar kita selalu bersatu,"hapnya.

Reporter : Rapli

Editor : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,711,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Meriahkan HUT RI ke 78, Pemdes Lamoare bersama Pemerintah Kecamatan, Launching Kampung Merdeka
Meriahkan HUT RI ke 78, Pemdes Lamoare bersama Pemerintah Kecamatan, Launching Kampung Merdeka
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1qZSi6Ch9mhmwbH-Z3XkIhOzuo1uoZ3-p_0bS_9kRDhiIk2RebdF6Lp1Xj3Ss4dW0AAyfhsWNd0c_SoDI1yKXZc-ZXvKLCO9Mzcxgg_4dfaBF-HDvB-68-sDgdX9_x98tD9cT0hgyzXUf54YUDyxYVwEN-dozZJUGIQOmSAnl9aGzt54lB8VdPKbJkPMP/s320/20230805_110030.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1qZSi6Ch9mhmwbH-Z3XkIhOzuo1uoZ3-p_0bS_9kRDhiIk2RebdF6Lp1Xj3Ss4dW0AAyfhsWNd0c_SoDI1yKXZc-ZXvKLCO9Mzcxgg_4dfaBF-HDvB-68-sDgdX9_x98tD9cT0hgyzXUf54YUDyxYVwEN-dozZJUGIQOmSAnl9aGzt54lB8VdPKbJkPMP/s72-c/20230805_110030.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/08/meriahian-hut-ri-ke-78-pemdes-lamoare.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/08/meriahian-hut-ri-ke-78-pemdes-lamoare.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content