Surveyor : Puskesmas Loea Sudah Memenuhi Standar untuk Terakreditasi

Surveyor dari  Lembaga Akreditasi  Surveyor Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dan Penunjang, dr. Hj. Wiwi Sridowati, M.Kes (Tengah) usai melak...

Surveyor dari  Lembaga Akreditasi  Surveyor Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dan Penunjang, dr. Hj. Wiwi Sridowati, M.Kes (Tengah) usai melakukan Survey dan penilaian terhadap  Puskesmas Loea apakah  memrnuhi standar untuk mendapatkan pengakuan akreditasi. (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Puskesmas sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang difungsikan sebagai gate-keeper dalam pelayanan kesehatan. Sehingga Puskesmas dituntut untuk memberikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan masyarakat dan perorangan yang paripurna, adil, merata,berkualitas, dan memuaskan masyarakat.

 Untuk mendapat pengakuan, maka  akreditasi puskesmas merupakan proses penilaian dan pengakuan terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan Puskesmas kepada masyarakat. Dan salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan Puskesmas dilakukan dengan Akreditasi.

Seperti halnya pengakuan Puskesmas Kecamtan Loea yang kini dalam proses Survey dan penilaian. 

Dimana dari hasil penilaian yang dilakukan Lembaga Akreditasi akan dilaporkan kepada pihak yang berwenang menentukan layaknya sebuah Puskesmas dinyatakan terakreditasi.


Menurut, Surveyor dari  Lembaga Akreditasi  Surveyor Tata Kelola Pelayanan Kesehatan dan Penunjang, dr. Hj. Wiwi Sridowati, M.Kes Puskesmas Loea telah memenuhi standar untuk mendapatkan pengakuan terakreditasi.

"Kami selama tiga hari mulai tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 sudah memotret upaya-upaya Puskesmas Loea dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan,"ungkapnya. 

"Kami juga melihat teman-teman sudah bersungguh-sungguh,  berusaha maksimal dan apa yang Kami lihat, untuk standar itu sudah terpenuhi,"akuinya. 

Namun terlepas dari itu, pihaknya akan memberikan laporan ke Lembaga  yang lebih  berwenang untuk menentukan apa yang  sudah disurvey dan dinilainya, sehingga dapat  mempertimbangkan upaya kerja keras yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Loea.

"Kemudian apa yang Kami lihat Kami akan sampaikan. Adapun yang akan menentukan terakreditasinya dari LTA, jadi ada beberapa Tim dari Kami tergantung giliran sistimnya, tapi pada prinsipnya Puskesmas Loea sudah memenuhi standar untuk terakreditasi,"akuinya lagi.

"Pokoknya Puskesmas ini berhasil atas dukungan dari Masyarakat, tokoh-tokoh Masyarakat dan Lintas Sektor serta Media juga karena dari Media bisa memaparkan semua hasil kegiatan-kegiatan yang terbaik untuk Puskesmas Loea itu harapan Kami,"tambahnya.


Sembari menyebutkan bahwa melalui Media juga pihaknya meminta agar dibantu mempublikasikan terkait dengan sistim pelayanan Kesehatan, 

"Kan Puskesmas bukan hanya melayani Orang yang sakit, tapi sebenarnya menjaga Masyarakat supaya tetap sehat,",katanya.

Ia berharap agar setelah melakukan survey dan penilaian terhadap Puskemas Loea maka pihaknya menghimbau agar pihak Puskesmas Loea  tetap semangat menjalankan tugas dan pekayanan kesehatan terhadap Masyarakat.

"Iya tentu kepada teman-teman  di Puskesmas supaya tetap menjaga kesehatan, sehat, semangat, didalam peningkatan Mutu dan itu sudah komitmen dan tentu juga sambil dikawal dan dipublikasikan sama teman-teman  Media supaya Puskesmas tetap dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik,"harapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Loea Muhsmmad Ridha Setiawan, mengatakan dari hasil survey dan penilaian yang dilakukan pada Puskesmas yang dipimpinya merupakan upaya dan hasil kerja keras yang dilakukan bersama jajarannya.

"Kalau upaya yang kita lakukan, baik itu dokumen maupun tatagraha kemudian Kita banyak melakukan simulasi karena didalam pelaksanaan Akreditasi itu adalah Kita meningkatkan mutu pelayanan,"terangnya.

Kata dia, kegiatan tersebut diawali dari kegiatan workshop kemudian penggalangan Komitmen baik lintas sektor maupun lintas program 

"Dan yang terakhir itu Kita fokus mulai melakukan pembenahan Puskesmas,"ungkap Kepala Puskesmas yang bergelar SKM, M.Kes .

Ia juga menerangkan bahwa yang dimaksud Tatagraha adalah pembenahan fisik untuk standar pemenuhan Fasilitas Kesehatan yang ada di Gedung Puskesmas tersebut.

Adapun kata dia, jika hasil penilaian survey menyatakan bahwa Puskesmas yang diembanya dinyatakan memenuhi standar maka pihak sangat brrsyukur atas upaya dan kerja keras yang dilakukan bersama jajaranya.

"Kalau memang memenuhi standar Kita sangat bersyukur tinggal kita pelihara dan jaga segala tatagraha,"ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar hasil penilaian yang dilakukan oleh tim Survey dari Lembaga Akreditasi bisa menghasilkan nilai yang memuaskan.

"Harapan Kami semoga akreditasinya memuaskan apapun itu hasil akreditasinya,"harapnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini turut dihadiri, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kolaka Timur, Barwik  Sirait dan salah satu Kabid dari Dinas Kesehatan, Sejumlah Kepala Puskesmas setta pihak-pihak terkait lainnya.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Surveyor : Puskesmas Loea Sudah Memenuhi Standar untuk Terakreditasi
Surveyor : Puskesmas Loea Sudah Memenuhi Standar untuk Terakreditasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjickHxKk_w0RkI5PsLGBZ728w9JCLUcx2FtOFteTpVLSNn1uefc2rOIDapWWbUhiaPKZIX7Cv9po1id9lR-TTTyzsNwQ8YHqhKIdFlfcD5HxNBeftYoistR-oFszWIyk9imrvKUsGoFO5wjChvLYi0MClPd8XjEQMiJqy4sCM7NBsSHI39ZW4Zv5pvUVUL/s320/20230805_143259.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjickHxKk_w0RkI5PsLGBZ728w9JCLUcx2FtOFteTpVLSNn1uefc2rOIDapWWbUhiaPKZIX7Cv9po1id9lR-TTTyzsNwQ8YHqhKIdFlfcD5HxNBeftYoistR-oFszWIyk9imrvKUsGoFO5wjChvLYi0MClPd8XjEQMiJqy4sCM7NBsSHI39ZW4Zv5pvUVUL/s72-c/20230805_143259.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/08/surveyor-puskesmas-loea-sudah-memenuhi.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/08/surveyor-puskesmas-loea-sudah-memenuhi.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content