Hasil Sosialisasi PSAT-PDUK, Pergerakan Ekonomi di Koltim akan Tumbuh dan Meningkat

  KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Ketahanan Pangan telah  menggelar sosialis...


 KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) melalui Dinas Ketahanan Pangan telah  menggelar sosialisasi Keamanan Pangan dan Registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan Produk Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT-PDUK) melalui online single submission (OSS) bagi pelaku usaha mikro.

Kepada Situs Sultra Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur, Dr. Ir. Idarwati, MM mengatakan bahwa dengan adanya hasil kegiatan ini yang telah diselenggarakan Dua Hari lalu maka pihaknya berharap agar UMKM di  Koltim semakin tumbuh  khususnya dari Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) sehingga pengolahan berbagai hasil produksi khususnya pangan di Kahupaten Kolaka Timur semakin maju.

"Tentu kita berharap melalui hasil kegiatan ini, nilai tambah hasil pertanian semakin tinggi harganya serta pergerakan ekomomi masyarakat semakin meningkat sehingga masyarakat dapat sejahtera karena produk PSAT dan proroduk olahan dapat terstandar dan bermutu,"ujar Idarwati yang dihibungi Via WhatsAppnya, Senin (4/12/2023) dini malam.

Idarwati menerangkan, pelaku usaha yang telah mengikuti kegiatan ini tentu saja produk olahan yang dihasilkan akan memiliki mutu dan standart, karena sudah teregistrasi, terasertifikasi dengan para UMKM.

"Dan masing sudah  mimiliki NIB dan NPWP yang dapat memudahkan untuk masuk kepasar dan kualitas produk olahan pangan Koltim yang bermutu,"sebutnya.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa tujuan kegiatan ini termasuk untuk mengajak semua pihak agar bersinergi mengawal keamanan pangan, memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi sistem baru untuk registrasi PSAT-PDUK yakni melalui Online Single Submission. 

Hal ini merupakan upaya Pemerintah untuk memberikan jaminan keamanan pangan salah satunya melalui mekanisme perizinan pangan segar yang akan diedarkan sesuai dengan Permentan Nomor 53 Tahun 2018 tentang Keamanan dan Mutu Pangan Segar Asal Tumbuhan. 

"Ketentuan perizinan berusaha tersebut telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko yang lebih lanjut standarnya diatur dalam Permentan Nomor 15 Tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha dan Standar Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Pertanian,"tuturnya.

Ia menuturkan, kegiatan ini sangat penting karena Dalam registrasi PSAT-PDUK pelaku usaha dapat memperoleh nomor registrasi PSAT-PDUK hanya dengan melengkapi persyaratan administrasi dan mengisi surat pernyataan komitmen keamanan pangan. Registrasi ini diberikan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Kabupaten yang secara bertahap akan dilakukan secara online melalui Online Single Submision (OSS).

Ia juga memaparkan tentang penanganan pangan yang baik mulai dari pengertian keamanan pangan, kriteria keamanan dan mutu (Sanitasi hygiene penanganan produk) maupun pentingnya keamanan pangan yang merupakan tanggung jawab bersama. 

"Dalam sesi ini, dilakukan pula praktik penggunaan OSS baik melalui aplikasi ataupun melalui laman yang bisa diakses melalui perangkat laptop maupun android dan dalam sesi praktik, dijelaskan cara membuat akun OSS, alur pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan permohonan pengajuan registrasi PSAT-PDUK serta pembuatan NPWP,"terangnya.

Diketahui, narasumber yang mengisi kegiatan tersebut yakni, Suhendra Samudra, S.Farm dari Dinas Kesehatan Koltim dan Rachmat Tajuddin, S.IP dari Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koltim.

Dan adapun pelaku usaha yang mengikuti kegiatan ini antara lain, pelaku usaha mikro  terdiri dari petani, poktan, gabungan kelompok tani maupun perorangan dan badan usaha UMK maupun pengusaha Penggilingan Beras.

Editor : Tim Situs Sultra

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Hasil Sosialisasi PSAT-PDUK, Pergerakan Ekonomi di Koltim akan Tumbuh dan Meningkat
Hasil Sosialisasi PSAT-PDUK, Pergerakan Ekonomi di Koltim akan Tumbuh dan Meningkat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjR-nbQX5uZN9BXETU2isnLbKGqURg4nY9qnXeQC55QlfMvhvpcw2u6MryqiYPj-6WUATJW_9Qvwk_7D85y-iL0of6GaoaQ7p-VRacjQ3eAp1AoKlPPzk4PkYxS0csZDhUbrVCTIubgQWaufEhgik0bWLQJE6o-sgr79JFaoOkPz02RYasvljVE2obKjyep/s320/IMG-20231204-WA0043.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjR-nbQX5uZN9BXETU2isnLbKGqURg4nY9qnXeQC55QlfMvhvpcw2u6MryqiYPj-6WUATJW_9Qvwk_7D85y-iL0of6GaoaQ7p-VRacjQ3eAp1AoKlPPzk4PkYxS0csZDhUbrVCTIubgQWaufEhgik0bWLQJE6o-sgr79JFaoOkPz02RYasvljVE2obKjyep/s72-c/IMG-20231204-WA0043.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/12/hasil-sosialisasi-psat-pduk-pergerakan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/12/hasil-sosialisasi-psat-pduk-pergerakan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content