Penataan Wilayah di Koltim Makin Terarah, setelah Tiga Kecamatan Menjadi Kawasan Agropolitan

JAKARTA,SITUSSULTRA.com- Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PerMen PU) Nomor. 16/PRT/M/2009 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Ta...


JAKARTA,SITUSSULTRA.com-
Berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (PerMen PU) Nomor. 16/PRT/M/2009 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan ketentuan Pasal 11 ayat (2) Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang.  

Untuk itu, Tiga kecamatan yang ada di Wilayah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) telah ditetapkan  sebagai kawasan agropolitan di Wonua Sorume.

Penetapan ini, berdasarkan hasil rapat kooordinasi lintas sektor kementerian terkait rancangan Peraturan Bupati (Perbup) Kawasan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) di Hotel Ayana Jakarta, Senin (4/12/2023). 

Ketiga kecamatan yang difinalkan menjadi kawasan Agropolitan adalah Lalolae, Mowewe dan Tinondo. Dimana dalam rapat penetapan ini, bersama Jajaran Fungsional Utama I, Direktur, Kasubdit Penataan Ruang Kementerian ATR/BPN.


Dan dari pihak Pemda Koltim rapat dipimpin Sekda Koltim, Andi Muhamnad Iqbal Tongasa S.STP, M.Si dan turut dihadiri Ketua DPRD dan sejumlah anggota DPRD Koltim, para pimpinan OPD terkait, tiga camat terkait serta dihadiri sejumlah bupati dari sejumlah provinsi.

Dijelaskan, dalam rapat ini tetap berpedoman pada  Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten dimaksudkan sebagai acuan dalam kegiatan penyusunan rencana tata ruang wilayah kabupaten oleh pemerintah daerah Kolaka Timur.

Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) dan Litbang Koltim Dr. Mustakim Darwis SP, M.Si menyebut, dengan adanya penetapan 3 Kecamatan di Koltim menjadi Kawasan Agropolitan, maka perencanaan penataan wilayah di Kolaka Timur akan semakin baik dan terarah.

"Dengan adanya RDTR ini, dimana setelah RTRW kita selesai, lanjut RDTR Perkotaan Tirawuta, sekarang RDTR agropolitan Mowewe, Lalolae, Tinondo yang rampung. Kedepan, kita akan menyusun lagi RDTR,"jelasnya.

Kata Doktor, untuk Wilayah Kecamatan Lambandia dan Ladongi akan menyusul, setelah semua dokumen perencanaan wilayah dinyatakan  tuntas, maka pemerintah akan menjadikan Koltim dan ibukota kabupaten menjadi Smart City.

"Kita berharap, semoga RDTR yang selesai mampu memudahkan investasi, karena nanti terhubung dengan perijinan online (OSS) yang berarti memudahkan setiap perijinan investasi,”harapnya.

Sementara itu, Sekda Koltim Andi Muhammad Iqbal Tongasa menjelaskan bahwa penetapan tiga Kecamatan agropolitan ini, pembangunan di Koltim bisa terpetakan dan merata di seluruh wilayah.

”Harapan pemerintah agar pembangunan di Kolaka Timur, bisa terpetakan yang mana kawasan RTRW, dan dimana kawasan RDTR. Disamping itu, agar pemerataan program pemerintah, dimana ada keseimbangan bukaan hnya di wilayah selatan Koltim atau Ladongi dan sekitarnya,”ucapnya.


Disamping itu kata sekda, ketiga kecamatan yang masuk RDTR agropilitan ini, luas wilayah sangat memungkinkan dan belum dijadikan permukiman. Sehingga, pemerintah bisa mengatur dimana penetapan lokasi terminal, dan lokasi yang bisa masuk area perusahaan yang menopang ekonomi masyrakat ditiga kecamatan tersebut. 

"Kita harapkan dengan ditetapkannya tiga Kecamatan di Kolaka Timur menjadi Kawasan Agropolitan maka pemerintah akan mudah mengatur dimana lokasi perusahaan yang tepat untuk untuk ditata, sehingga ini akan memberikan dampak positip bagi pelaku usaha,"harapnya.

Selain itu kata sekda, Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruan/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang diwakili salah satu staf ahlinya telah menyampaikan, sekaligus mengingatkan Pemda Koltim agar penetapan kawasan RDTR agropolitan ini dimanfaaatkan sesuai yang seharusnya, dan tidak sampai beralih fungsi seperti jadi kawasan perumahan. 

Editor : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Penataan Wilayah di Koltim Makin Terarah, setelah Tiga Kecamatan Menjadi Kawasan Agropolitan
Penataan Wilayah di Koltim Makin Terarah, setelah Tiga Kecamatan Menjadi Kawasan Agropolitan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwr2nk3AXhO5QRgBxepmXw30WUwA1QfyuUyBjCfDniao4x588K5e7TA-kDkmks3nyFSXp6mWwHbSuC7XQx1J0W8DGPa3ThRsVtautrfTLrvZwYpOJIM-zc5sdTerbOEj1gt0V9xswSekndvGLnltzbZ-VYhcrCLSHXw3nQFUEyF9h9Z-9WRxo3_peAA9BQ/s320/IMG-20231204-WA0068.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwr2nk3AXhO5QRgBxepmXw30WUwA1QfyuUyBjCfDniao4x588K5e7TA-kDkmks3nyFSXp6mWwHbSuC7XQx1J0W8DGPa3ThRsVtautrfTLrvZwYpOJIM-zc5sdTerbOEj1gt0V9xswSekndvGLnltzbZ-VYhcrCLSHXw3nQFUEyF9h9Z-9WRxo3_peAA9BQ/s72-c/IMG-20231204-WA0068.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/12/penataan-wilayah-di-koltim-makin.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/12/penataan-wilayah-di-koltim-makin.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content