Lahan Perkebunan di Koltim Sebagai Salah Satu Penunjang Ekonomi yang Mendominasi

Contoh Perkebunan Kelapa Sawit (Img : Istockphoto.com)   KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara ...

Contoh Perkebunan Kelapa Sawit (Img : Istockphoto.com)

 KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagian besar Wilayahnya didominasi penghasil komoditas Perkebunan.

 Hal ini dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Kolaka Timur, Lasky Paemba saat dihubungi Via WhatsAppnya baru-baru ini.

"Kalau berbicara luasan dan potensi tentunya lebih besar perkebunan, namun komoditi sektor pertanian perlu di ingat bahwa komoditinya  ada komoditi strategis khusus padi sawah,"sebutnya.

Terkait berbagai capaian untuk menunjang pembangunan ekonomi pada sektor perkebunan di Kabupaten Kolaka Timur kata dia, yang menjadi komoditi utama ada Dua jenis yakni, tanaman perkebunan dan hortikultura.


"Untuk tanaman perkebunan itu seperti, kakao, kopi, dan kelapa sawit, sedangkan tanaman hortikultura adalah  Cabe, Tomat, Sayuran dan Buah-buahan,"jelas Mantan Kadis Peternakan dan Tanaman Pangan Koltim  yang bergelar Sarjana pertanian dan Magister sains itu.

Dikatakan, sektor perkebunan di Kabupaten Kolaka Timur hampir di semua wilayah Kecamatan yang ada di Koltim ditemukan jenis-jenis Tanaman Perkebunan dan Hortikultura, begitupun  sektor pertanian. 

Sehingga hal ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur yang  menjadikan sektor perkebunan dan pertanian  sebagai sektor utama untuk  penunjang perekonomian di daerah tersebut termasuk salah satu  penunjang sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Dimana Bupati Kolaka Timur Abdul Azis, SH, MH telah menyampaikan bahwa sampai saat ini, Kabupaten oltim  masih terus mengandalkan hasil  perkebunan dan pertanian sebagai penunjang ekonomi daerah dan PAD.

Menurutnya, sektor perkebunan dan pertanian  telah memberikan sumbangsih baik produk domestik regional bruto atau PDRB tahun 2021 yang tercatat mencapai 42,4 persen. Sehinggs potensi yang akan dikembangkan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat masih tertuju  pada kedua sektor  tersebut.

“Adapun jenis komoditas utama pada sektor tersebut yang menjadi unggulan adalah Kakao dan Padi, termasuk tanaman hortikultura lainnya,"sebut orang nomer satu di Koltim itu beberapa waktu lalu.

Sekedar tambahan,  upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan sumber pendapatan asli daerah atau PAD  maka sektor perkebunan tentu menjadi salah satu penunjang yang perlu ditingkatkan.

 


Olehnya itu,  pemerintah daerah akan terus memperjuangkan potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Kolaka Timur dengan mendorong sektor perkebunan seperti kelapa  sawit dan Kakao dan jenis tanaman perkebunan lainnya untuk bisa menjadi  bagian dari sumber PAD.

 Mengingat Kotim ini salah-satu kabupaten yang memiliki wilayah terluas dari sisi perkebunan maka Petani Koltim diharapkan memanfaatkan lahan perkebunan yang dimiliki untuk diolah dengan tidak terlepas dari bimbingan dan petunjuk teknik dari Pemerintah agar hasilnya dapat lebih afektif dan efisien.

Sebagaimana diketahui,  Pemda Koltim dibawah komando Abd Azis telah berupaya membantu para Petani di Koltim dengan berbagai upaya mulai dari pembangunan infrastruktur pertanian hingga pengadaan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diusulkan melalui Pemerintah Pusat (Pempus).

Tentu saja ini membuktikan Pemda Koltim telah mengedepankan sektor perkebunan dan pertanian adalah misi utama untuk membangun Kolaka Timur menjadi bagian dari Daerah di Republik ini sebagai Daerah penghasil komoditas perkebunan dan pertanian yang tidak kalah dengan daerah lainnya  yang ada Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Lahan Perkebunan di Koltim Sebagai Salah Satu Penunjang Ekonomi yang Mendominasi
Lahan Perkebunan di Koltim Sebagai Salah Satu Penunjang Ekonomi yang Mendominasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw5_WbncI4NPs-_2B1hxQ6eEqhsatiXMacVnOtuH2QkHI5d61XiVcct6YFZL1-Tli6tEZruskL4XiYLrRTaQFgnOLzGbapYR4yrsTACfav45wyo7sdIYbZfOrt73vlT5NDtyso4sB7Qc_68zXZkJNp-nJlNs43z9X9_vUt6QCDHbVrvJKShnJUupzFbw8A/s320/istockphoto-1008223032-612x612.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw5_WbncI4NPs-_2B1hxQ6eEqhsatiXMacVnOtuH2QkHI5d61XiVcct6YFZL1-Tli6tEZruskL4XiYLrRTaQFgnOLzGbapYR4yrsTACfav45wyo7sdIYbZfOrt73vlT5NDtyso4sB7Qc_68zXZkJNp-nJlNs43z9X9_vUt6QCDHbVrvJKShnJUupzFbw8A/s72-c/istockphoto-1008223032-612x612.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/12/lahan-perkebunan-di-koltim-sebagai.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/12/lahan-perkebunan-di-koltim-sebagai.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content