KPK Ungkap Mutasi JPT di Koltim 9 Juni tidak Sesuai Prosedur

Koalisi Penyelamat Koltim (KPK) sedang melakukan jumpah pers di ice blend  terkait mutasi jabatan yang telah dilakukan Bupati Kolaka Timur n...

Koalisi Penyelamat Koltim (KPK) sedang melakukan jumpah pers di ice blend  terkait mutasi jabatan yang telah dilakukan Bupati Kolaka Timur non aktif Hj Andi Merya Nur pada tanggal 9 Juni 2021 lalu yang diduga maladministrasi. (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Koalisi Penyelamat Koltim (KPK) mengungkapkan mutasi jabatan yang telah dilakukan Bupati Kolaka Timur non aktif Hj. Andi Merya Nur pada tanggal 9 Juni 2021 lalu,  diduga maladministrasi. Pasalnya, pelantikan sejumlah  Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT)  dilingkup Pemda  kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat itu  tidak sesuai dengan mekanisme sebab tidak dilakukan uji kompetensi (UK).


Hal itu diungkapkan juru bicara (Jubir) KPK Beltiar yang didampingi sejumlah rekannya  melalui jumpa pers di ice blend  kelurahan Rate Rate, kecamatan Tirawuta, kabupaten Kolaka Timur  pada pekan lalu.


Dihadapan sejumlah Jurnalis  Beltiar  mengatakan, bahwa berdasarkan  hasil   koordinasi Koalisi penyelamat Koltim di Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) dan Koalisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta beberapa waktu lalu  terkait dasar mutasi yang dilakukan bupati saat itu ternyata  pihak Kemendagri  hanya memberikan rekomendasi rangkaian uji kompetensi.


"Terus kemudian kami juga mengarah mempertanyakan ke KASN, namun mereka mengatakan bahwa pihaknya hanya  memberikan rekomendasi sebatas rancangan uji kompetensi juga,"ungkap Beltiar.


Pria yang akrab disapa Ichy menjelaskan, bahwa berdasarkan hasil penelusuran bersama rekannya  maka pihaknya menyimpulkan  proses pelantikan tanggal 9 Juni lalu itu telah  terjadi pembohongan administrasi dan pembohongan publik.


 

"Terus kemudian juga kami kembali dan membawa teman-teman yang korban menanyakan terkait masalah uji kompetensi., ternyata mereka belum pernah juga melakukan uji kompetensi,"kesalnya.


Ditempat yang sama, mantan Kadis pertanian Koltim,  Lasky Paemba menambahkan,  bahwa sesuai dengan regulasi uji kompetensi harus dilaksanakan karena kalau tidak ada  UK maka rekomendasi dari KASN tdk akan terbit.


"Bahkan mereka sudah mengisj lewat aplikasi siola namun mandek pada saat eselon dua  tidak bisa masuk karena tidak ada rekomendasi dari KASN  dia sampaikan kita harus bentuk pansel,"jelas Lasky.


Diwaktu dan tempat terpisah senada, diungkapkan,  Kepala Dinas (Kadis) Kearsipan dan  Perpustakaan daerah kabupaten  Kolaka Timur,  Mariono bahwa terkait  adanya rekomendasi dari KASN untuk mutasi  itu tidak benar alias  bohong. Karena setelah dilakukan komfirmasi ke Mendagri dan KASN ternyata memang tidak ada rekomendasi  untuk melakukan mutasi namun yang ada rekomendasi untuk  uji kompetensi.


"Tapi sayangnya pihak yang mengatur  pemda saat itu tidak melakukan uji kompetensi,  kalau dilakukan uji kompetensi kan ada tim, panitia, siapa ketua, siapa sekretaris siapa anggota dan itu menggunakan anggaran  daerah,  dan tim itu ada tenaga ahli dari akademisi kan begitu,"jelasnya.


Mantan Kadis Nakentrans  yang juga salah satu Tokoh pemekaran Koltim  itu, mengatakan, pihaknya merasa heran jika  rotasi JPT yang dilakukan  saat itu tidak sesuai prosedur yang ditetapkan, karena secara tiba-tiba ada undangan untuk pelantikan.


"Kami yang dirotasi memang heran karena tidak ada uji kompetensi,  tiba-tiba dapat undangan pelantikan dan kalau ada yang mengaku ikut uji kompetensi itu hanya pembohongan publik, karena kami ini birokrasi tahu mekanisme dan prosedur,"bebernya.


Mariono, mengungkapkan bahwa akibat ulah oknum yang tiba-tiba  melakukan rotasi jabatan dilingkup  pemda Koltim  yang tidak sesuai dengan aturan, maka Seratus dua puluh ribu penduduk masyarakat Koltim sama saja  telah terkena pembohongan publik.


"Menurut KASN mereka akan turun mulai dari gubernur dan dari pusat mereka akan turun meninjau  kebenarannya jika tidak sesuai dengan prosedur maka mereka akan direposisi ulang atau diempatkan keposisi semula sebab mutasi yang dilakukan juga itu belum waktunya belum cukup 6 bulan,"ungkapnya.



Sementara itu, Asisten II yang juga  Mantan  Pj. Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa selaku ketua Pansel yang dikomfirmasi situssultra.com mengatakan, apa yang menjadi isu perdebatan terkait dengan mutasi saat itu pihaknya telah mengklarifikasi kepada beberapa  instansi terkait.


"Semua yang  dipertanyakan mereka sudah diklarifikasi KASN ke saya dan BKPSDM,"ujar mantan  Plh. Bupati Koltim melalui chat  whatsApp pribadinya saat dihubungi situssulra belum lama ini.


Menanggapi hal tersebut,  kepala BKPSDM Koltim, Murtini Balaka yang hendak dimintai keterangannya namun belum berhasil. Berhubung saat itu yang bersangkutan lagi keluar daerah 


Penulis : Supriadin

Editor : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,711,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: KPK Ungkap Mutasi JPT di Koltim 9 Juni tidak Sesuai Prosedur
KPK Ungkap Mutasi JPT di Koltim 9 Juni tidak Sesuai Prosedur
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhKL8vPdQ6xDpuC4MaCSFEfD0yFJRr5DcbmWH4-EChlKo1zWg30XXRvwkjpmuFxZvRNouUCelYSrHQWxmWwfOToOTQ_nC_r5cr2VJjbYFRE6TDb4TbjpE5Exr7G7LTlTa4xo5D5AatcJavaUWRBT1EF2MQ99vA8KjVDDUf9eHl7Yup0NfMuci-0KXrLkg=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhKL8vPdQ6xDpuC4MaCSFEfD0yFJRr5DcbmWH4-EChlKo1zWg30XXRvwkjpmuFxZvRNouUCelYSrHQWxmWwfOToOTQ_nC_r5cr2VJjbYFRE6TDb4TbjpE5Exr7G7LTlTa4xo5D5AatcJavaUWRBT1EF2MQ99vA8KjVDDUf9eHl7Yup0NfMuci-0KXrLkg=s72-c
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2021/11/kpk-ungkap-mutasi-jpt-di-koltim-9-juni.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2021/11/kpk-ungkap-mutasi-jpt-di-koltim-9-juni.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content