Wujudkan Pertanian yang Maju dan Modern, Pj. Bupati Koltim Menyapa Petani di Lambandia

KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) S...


KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Dalam rangka meningkatkan dan mewujudkan pertanian yang maju mandiri dan modern di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra).


Maka Pj. Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si  terus bergerak memotivasi warga petani  untuk terus  meningkatkan produksi pertanian di (wilayah red).


Hal ini dilakukannya, saat menyapa masyarakat petani  di Kecamatan Lambandia,  Senin (16/5/2022).


Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Koltim, Pj. Sekda Koltim, Para Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD, Kabag, para Camat, Danramil 1412-02 Tirawuta, Kapolsek Lambandia, para Kepala Desa, pengurus Lembaga Ekonomi Masyarakat Sejahtera (Lem-Sejahtera) se-Kabupaten Kolaka Timur dan pihak terkait lainnya.


Melalui sambutannya, Sulwan Aboenawas mengatakan, bahwa untuk meningkatkan  ekonomi masyarakat dan produktivitas pertanian,perkebunan,penguatan UMKM,koperasi dan pelaku usaha merupakan salah satu misi yang harus direalisasikan,melalui dinas perkebunan dan hortikultura sebagai  salah satu leading sector dalam mewujudkan misi tersebut.


Pj. Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Aboenawas, M.Si  


"Perlu kita ketahui, kecamatan Dangia, Aere, Lambandia,dan kecamatan Tinondo memiliki potensi perkebunan yang cukup luas sehingga ini merupakan daerah pusat pengembangan komoditi kakao dan beberapa jenis komoditi lainnya, baik komoditi unggulan nasional maupun komoditi unggulan lokal,"ungkap Bupati.


Adapun sasaran pengembangan perkebunan kata Sulwan,  adalah untuk mengembalikan kejayaan tanaman kakao yang merupakan ikon komoditi andalan lokal kabupaten Kolaka Timur melalui pemberdayaan masyarakat petani agar mampu meningkatkan produksi komoditi perkebunan dan hortikultura.



Dan melalui, pertumbuhan petani milenial. Penguatan kelembagaan petani. Pengembangan kelembagaan (penyediaan AGRO-INPUT,pengolahan hasil,pemasaran dan penyediaan jasa serta pengembangan iklim investasi yang kondusif.



"Olehnya itu  pemerintah daerah kabupaten kolaka timur melalui dinas terkait telah melakukan berbagai jenis kegiatan  serta pembangunan sektor perkebunan dalam arti luas sebagai wujud implementasi dari visi misi pemerintah daerah kabupaten kolaka timur periode 2021-2026,"jelasnya.



Kata dia,  upaya untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, dinas perkebunan dan hortikultura telah melakukan identifikasi permasalahan yang dihadapi  petani dalam pengembangan dan peningkatan  produktivitas tanaman perkebunan, khususnya tanaman kakao yang merupakan salah satu komoditi andalan yang sangat membutuhkan perhatian khusus tanpa mengesampingkan komoditi lainnya.


"Dengan potensi lahan perkebunan yang cukup luas,serta motovasi yang tinggi dari petani sehingga kementrian pertanian RI melalui dirjen perkebunan menunjuk kabupaten kolaka timur sebagai salah satu daerah penempatan lokasi kegiatan icare yang akan berjalan selama 5 tahun dengan target luasan 1.000 HA untuk kegiatan intensifikasi dan peremajaan tanaman kakao,"sebutnya.


 

Untuk itu,  Ia mengharapkan, dengan  potensi lahan yang sangat luas menjadi peluang yang sangat besar untuk dapat dimanfaatkan guna membangun serta mengembangkan sektor perkebunan yang berdaya saing.



"Pengembangan dan pembangunan perkebunan bukan hanya merupakan tanggungjawab pemerintah daerah semata,akan tetapi sangat dibutuhkan keterlibatan lembaga lembaga ekonomi yang telah tumbuh dan berkembang ditengah tengah masyarakat.seperti halnya lembaga ekonomi masyarakat  sejahtera,"terangnya.



Untuk itu, Bupati mengajak kepada seluruh elemen masyarakat khususnya lembaga ekonomi masyarakat sejahtera sebagai wadah perkumpulan petani,dapat memberikan dampak positif terhadap kegiatan perekonomian masyarakat, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Kolaka Timur yang berkeadilan.



"Untuk  menyikapi permasalahan atau kendala yang dihadapi petani, maka Pemda Kolaka Timur melalui dinas perkebunan dan hortikultura memberikan program bantuan dari berbagai bidang baik itu komoditi perkebunan maupun komoditi hortikultura dan tentunya untuk mendukung kegiatan tersebut,"paparnya.


"Pemerintah daerah juga memberikan program kegiatan sarana dan prasarana penduduk berupa jalan produksi,pupuk organik serta alat pasca panen tanaman perkebunan melalui dana APBD kabupaten Kolaka Timur,"sambungnya.


Ia juga mengungkapkan, jika kabupaten Kolaka Timur merupakan salah satu wilayah sentra pengembangan perkebunan.


"Baik itu komoditi unggulan nasional maupun komoditi unggulan lokal yang memiliki area yang sangat luas,"ungkapnya.


 Editor : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Wujudkan Pertanian yang Maju dan Modern, Pj. Bupati Koltim Menyapa Petani di Lambandia
Wujudkan Pertanian yang Maju dan Modern, Pj. Bupati Koltim Menyapa Petani di Lambandia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaaZ6O5qaSyHmFXxoZMIUgtKjhHXzV7929VPcgTdBkzqiuAdXYVTN5K37YvQjRn0nAZnwc88Khlx9uDHpxeGpzwsvqT3pfTLEvo-YWiqmHcBJ_J4kC7qxOnCj4PNXZml3QMrusrOgTEvd8T43fqEqw5dh9Jt1d_Vz7scnpO2jTRv5gNTHTgSAhUpcrWw/s320/IMG-20220516-WA0051.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaaZ6O5qaSyHmFXxoZMIUgtKjhHXzV7929VPcgTdBkzqiuAdXYVTN5K37YvQjRn0nAZnwc88Khlx9uDHpxeGpzwsvqT3pfTLEvo-YWiqmHcBJ_J4kC7qxOnCj4PNXZml3QMrusrOgTEvd8T43fqEqw5dh9Jt1d_Vz7scnpO2jTRv5gNTHTgSAhUpcrWw/s72-c/IMG-20220516-WA0051.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/05/wujudkan-pertanian-yang-maju-dan-modern.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/05/wujudkan-pertanian-yang-maju-dan-modern.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content