Terkesan Diduga Dirahasiakan, Netizen di Koltim Tulis Surat Terbuka ke KPK Terkait Asesment

  Ketua LSM Barak Koltim, Beltiar saat dikonfirmasi disalah satu warung di Koltim,t erkait Surat Terbuka yang ditulisnya disalah satu media ...

 

Ketua LSM Barak Koltim, Beltiar saat dikonfirmasi disalah satu warung di Koltim,t erkait Surat Terbuka yang ditulisnya disalah satu media Sosial yang ditujukan ke KPK (FB) (Img : epn /Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-  Salah satu Netizen asal Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dengan nama profil Face Book Ichy Koltim  melalui  akun Face Booknya  (FB)   tertulilis surat terbuka berupa  penyampaian yang ditujukan ke Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). 


Diketahui Ichy adalah Beltiar panggilan akrab Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bararisan Anti Korupsi (Barak) Kabupaten Kolaka Timur.


Penyampaian yang diunggahnya  pada 27 Agustus lalu, tujuannya adalah untuk menyampaikan beberapa hal yang terjadi di Koltim, beberapa wakru lalu,  salah satunya terkait asesment Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  JPTP Koltim  yang pernah digelar di Hotel Claro Kendari beberapa waktu lalu, guna mengisi 12 OPD  eselon II dilingkup Pemda Koltim yang masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt).


Dimana dalan penyampaian itu, Ketua LSM Barak malaporkan bahwa asesmen untuk tahun 2022 yang  telah menggunakan  uang negara hasilnya  diduga tidak  sesuai dengan mekanisme sebab  menurut Icy mulai dari hasil seleksisi pemberkasannya diduga  dirahasiakan. Sehingga menimbulkan pertanyaan ada apa dibalik dari ini ?.


 Menurut Ichy Asesmen tersebut  diduga dilakukan tidak prosedural karena mulai dari pengumuman hasil seleksi pemberkesan dan hingga  jadwal hasil pengumumannya terkesan   diduga masih dirahasiakan.


Tak hanya itu, Ketua  LSM Barak itu, mengungkapkan, bahwa asesmen tahun 2021 juga  diduga tidak prosedural dan telah merugikan uang negara saat pelaksanaan asesmen untuk JPTP  dilingkup Pemda Koltim melalui BKPSDM.


Selain asesmen, LSM Barak juga meminta agar penerimaan CPNS ditahun  2021 segera dilakukan pemeriksaan. 


"Maka dengan ini kami berharap kepada Deputi penindakan dan eksekusi agar segera memeriksa dokumen rahasia BKPSDM Kabupaten Koltim,"tulis Ichy dalam akun resmi fbnya  yang dikutip Situs Sultra, Senin (26/9/2022).


Sementara itu,  Sekretaris tim  Panitia Pelaksana  (Pansel)  yang juga mantan Kepala BKPSDM Koltim, Murtini  Balaka yang dimintai keterangan melalui telpon selulernya  terkait adanya postingan Surat Terbuka Ichy belum lama ini, dirinya menepis dan sebaliknya bertanya  maladministrasi bagaimana.


"Maladministrasi bagaimana itu maksudnya? maladministrasi apanya?, apa prosesnya, atau kalau ada rekomendasi yang tidak ada baru kita lakukan, saya kira kalau secara administrasi kita sudah sesuai sudah ada rekomendasinya KASN,"bantahnya.


Terkait nilai hasil asesmen yang diduga Ketua LSM Barak pengumuman terkesan dirahasiakan Kata Murtini, itu pasti dicantumkan. Hanya hingga sekarang ini belum juga diumumkan.


"Iya pasti dicamtumkan nilainya semua yang keluar 123 pasti ada nilainya semua,"katanya.


Saat ditanya berapa standar nilai dari asesor yang  dinyatakan Kompeten jawab dia, maksimal angkanya mulai angka seratus


 "Tapi nilai yang paling standar untuk batas penentu Kompeten saya  tidak hapal,"ujarnya.


Terkait postingan Surat terbuka yang diunggah di FB , Ichi panggilan akrab  Beltiar yang dikonfirmasi langsung disalah satu warung baru-baru ini, Ia  mengatakan, bahwa pada dasarnya  sesuai dengan prosesnya hasil pemberkasan  asesmen harus diumumkan secara  transfaransi melalui Media Massa dan untuk lebih tranparasinya nilai dari asesor juga dicantumkan agar peserta yang dinyatakan tidak lulus dapat menerima dengan legowo.


 "Kemudian pasca pelaksanaan hasil seleksi pemberkasan  asesmen kemarin itu seharusnya diumumkan secara keseluruhan berdasarkan nilainya secara terbuka," ulasnya.


Menjawab dari pernyataan  Murtini, terkait maladministrasi, Kata Ichy harus dicermati jika  yang membuktikan saat itu  adanya  rekomendasi dari KASN yang direvisisi 12 JPTP.


"Kemudian yang membuktikan terjadinya maladministrasi itu, yakni, turunnya rekomendasi KASN itu tanggal 30 November 2021  itu agar beberapa JPTP yang dimutasi  dikembalikan pada posisinya semula, nah tapi  kemudian pada saat itu kan mereka cuman datang terus kemudian BKPSDM mengusulkan lagi ke KASN untuk melakukan Job Fit, nah sementara rekomendasi  KASN pertanggal 30 November 2021 itu seharusnya beberapa JPTP yang dimutasi dikembalikan ke posisi semula,"jelasnya.


"Contoh, beberapa Kadis yang dimutasi saat itu (diera kepemimpinan Andi Mery)  seharusnya  dikembalikan ke  posisi semula  saat itu  tapi kemudian itu tidak dilaksanakan dan laporannya ke KASN  seolah-olah  sudah dikembalikan,"sambungnya menerangkan.


Jadi  bukti terjadinya maladministrasi saat itu, Kata Ichy,  karena  munculnya   rekomendasi dari KASN lagi  untuk melakukan uji kompetensi.


"Sehingga  itulah yang kita sebut maladministrasi,"jelas Beltiar.


Selain itu, Beltiar juga mengungkapkan, jika saat itu ada  hasil temuan dari Inspektorat provinsi saat turun di Koltim melakukan  audit.


"Dengan adanya temuan saat itu  maka  KASN mengeluarkan rekomendasi terjadinya maladministrasi dilingkup pemerintahan Kabupaten Koltim,"ungkapnya.


Dengan kejadian itu, maka Beltiar kembali mempertanyakan terkait informasi hasil asesmen yang akan diusulkan ke KASN yang masuk 3 besar melalui hasil asesmen beberapa waktu lalu   apakah yang diusulkan ke KASN itu benar-benar  hasil uji konpetensi berdasarkan  nilai masing-masing peserta yang disahkan Asessor.


"Apa gunanya  asesmen jika hasil  yang lulus bukan  sebenarnya, Mendingan kalau  seperti itu tidak usah diadakan asesmen tapi tunjuk langsung saja bahwa kamu yang mau disini dinas ini, dinas itu,"kesalnya.

 

Berhubung asesmen itu digelar sebelum kepemimpinan Abdl Azis, SH  selaku Plt. Bupati sekarang maka terkait dengan hasil  asesmen yang belum  diumumkan hingga sekarang,  maka  Ia mengharapkan sebagai  penentu kebijakan  dalam hal ini Plt. Bupati  Koltim sekarang yang  akan menggunakan JPTP tersebut  dilingkup pemerintahan yang diembannya  agar  jika hal tersebut ada regulasinya  yang memungkinkan untuk kembali ditinjau maka sebaiknya dilakukan.


"Kalau memang itu tidak sesuai hasil asesmen kemarin dan jika ada regulasi yang membolehkan ditinjau ulang maka pihaknya berharap agar  bupati bisa  meninjau kembali ke KASN,"pintanya.


Untuk meminta keterangan tulisan dan pernyataan langsung dari Ichy, Ketua tim Pansel yang juga Sekda Koltim Andi Muhammad Iqbal Tongasa yang dihubungi melalui chat whatsAppnya sejak beberapa waktu  lalu. Dan Terkait dengan pengumuman hasil asesmen namun hingga saat dionlinekannya berita ini tak ada jawaban, meskit chat whatsApp tersebut telah bergaris 2 warna biru.


Berikut Screnshot Surat Terbuka yang ditulis Ichy di akun FBnya ;



Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,76,Kolaka,12,Koltim,714,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,114,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Terkesan Diduga Dirahasiakan, Netizen di Koltim Tulis Surat Terbuka ke KPK Terkait Asesment
Terkesan Diduga Dirahasiakan, Netizen di Koltim Tulis Surat Terbuka ke KPK Terkait Asesment
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdafSLcW79_uRZI5tP7M9KR5ZG8JbeXuQ8wMQbYqwJSvknWjl_Qrqh1dASFehrK5HDkfGKYnolU25jdQbUeMaEZsgbeN_dB_-cyla9yMw_uTWiogbYenOQqitmPPNwppYOEIVd9-8l_FZlUgIeNIKUO2MsBdPXezzTdKHH8HZW7oZRTUMZMpJuWTth6w/s320/20220926_075333.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdafSLcW79_uRZI5tP7M9KR5ZG8JbeXuQ8wMQbYqwJSvknWjl_Qrqh1dASFehrK5HDkfGKYnolU25jdQbUeMaEZsgbeN_dB_-cyla9yMw_uTWiogbYenOQqitmPPNwppYOEIVd9-8l_FZlUgIeNIKUO2MsBdPXezzTdKHH8HZW7oZRTUMZMpJuWTth6w/s72-c/20220926_075333.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/09/hasil-asesmen-terkessn-diduga.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/09/hasil-asesmen-terkessn-diduga.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content