Kadis Ketahanan Pangan Koltim Berikan Edukasi Terkait Pemanfaatan Pekarangan dan Penggunaan Pupuk di Desa Bou

  KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Mengkonsumsi makanan yang terkena Pupuk yang mengandung zat kimia secara langsung atau tidak langsung tentu akan s...

 


KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Mengkonsumsi makanan yang terkena Pupuk yang mengandung zat kimia secara langsung atau tidak langsung tentu akan sangat berdampak negatif  bagi kesehatan Tubuh, olehnya itu  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim)  melalui Dinas Ketahanan  Pangan terus memacu Gerakan Diversifikasi melalui pemanfaatan pekarangan Rumah dengan menggunakan Pupuk Organik.

Pupuk Organik  yang di gunakan adalah Pupuk organik yang di buat sendiri oleh (Masyarakat red) yang berasal dari sumberdaya alam yang ada di sekitar Desa Bou dengan menumbuhkan sendiri mikroba pemgurainya yakni, Mikro Organisma Lokal (MOL)

Hal ini dilakukan sebagai optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang efektif. Dan salah satu upaya untuk mendukung diversifikasi pangan sehingga masyarakat dapat mengonsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA). Sehingga hal tersebut  dapat menurunkan angka pencegahan Sunting di Koltim.

Kepala Dinas (Kadis)  Ketahanan  Pangan Kabupaten Kolaka Timur, Dr.Ir.Idarwaty.MM  menjelaskan bahwa untuk  mewujudkan masyarakat yang sehat, aktif dan produktif, maka dirinya menghimbau agar Masyarakat dapat  memanfaatkan pekarangan dengan menanam berbagai jenis Tanaman sayur-sayuram serta  menggunakan Pupuk Organik, Seperti yang dilakukan salah satu Kelompok Wanita Tani Berkah  di Desa Bou Kecamatan Lambandia Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Salah contoh sayur-sayuran dari hasil pemanfatan pekarangan Kelompok Wanita Tani Berkah (Img : fb abd rsk)

Hal tersebut, dijelaskan Kadis kepada beberapa Petani  saat mengunjungi Kelompok Wanita Tani tersebut di Lokasi Penanaman tepatnya di Desa Bou, Rabu kemarin.

"Sekang kami berada di Desa Bou pada kelompok Wanita  tani Berkah Kecamatan Lambandia ini dalam rangka pemanfaatan lahan  pekarangan sekaligus pengelolah Pupuk Organik yang ada di Kabupaten Koltim,"tuturnya.

"Seperti yang kami lihat, Kelompok Wanita Tani Berkah ini tidak pernah berhenti  mengajak anggotanya untuk pemanfaatan pekarangan dan kita lihat ini semua bibit sudah siap ditanam di Polibed, setelah pembibitan dengan berbagai jenis tanaman Sayur seperti, Seledri, Koll, Sawi,  Tomat dan juga Bawang,"sambungnya.

Idarwati mengatakan bahwa kegiatan Kelompok Wanita Tani Berkah merupakan salah upaya untuk mendukung penurunan stunting di Wilayah Kabupaten Kolaka Timur. 

"Nah sekarang ini kita ingin bagaimana pengolahan penanaman ini menjadi makanan beragam bergisi dan berimbang serta aman dari pertisida  yang dapat menjadi residu-residu yang tidak bermanfaat pada tubuh kita,"jelasnya.


Sementara itu, salah satu Petani Penggerak Desa Bou mengatakan dirinya menilai bahwa  berdasarkan  riset Pertanian diera modern sekarang ini beberapa Makanan sudah terkontaminasi dengan sat-sat Kimia yang berasal dari penggunaan Pupuk dan pestisida yang berbahan Kimia.

"Ditahun 2015 saya telah disampaikan sama Dokter. Nugroho bahwa riset pertanian di Indonesia kalau tidak diubah secepatnya maka Manusia generasi ketiga kedepannya biasa saja umurnya tinggal 20 tahun,"ungkapnya.

"Nah disitulah saya mengambil langkah-langkah  untuk mengembangkan Mol pupuk organik karena cara ini cukup baik sebenarnya hanya karena adanya residu kimia yang masuk diwilayah kita merusak lingkungan sehingga migroba yang ada di dalam tanah menyebabkan punah,"sambungnya menerangkan.

"Sehingga itulah yang menyebabkan kami mau mengembangkan  Mikro Organisma Lokal  karena pada intinya migroba lokal dapat hidup 1000 tahun sedangkan Manusia paling hanya 100 tahun,"tambahnya.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Kadis Ketahanan Pangan Koltim Berikan Edukasi Terkait Pemanfaatan Pekarangan dan Penggunaan Pupuk di Desa Bou
Kadis Ketahanan Pangan Koltim Berikan Edukasi Terkait Pemanfaatan Pekarangan dan Penggunaan Pupuk di Desa Bou
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2pD8rl-A_sTABOtOwvaHJl4T60rYyp7gt--S3GWHmyLVTORQCApflyMJEutnx8siod-ZGRKHS6Nr9FCDUN5VExROgMGg-jyP5r82KRcps0m5JSOv8vMS37NsYp2KYuO44ZTVljNBhmG0lUuaUBiB2oSSQpB_iBjgMLxCMQD7iFXEmPt_gL_Zt6igKOQ/s320/20230616_063031.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2pD8rl-A_sTABOtOwvaHJl4T60rYyp7gt--S3GWHmyLVTORQCApflyMJEutnx8siod-ZGRKHS6Nr9FCDUN5VExROgMGg-jyP5r82KRcps0m5JSOv8vMS37NsYp2KYuO44ZTVljNBhmG0lUuaUBiB2oSSQpB_iBjgMLxCMQD7iFXEmPt_gL_Zt6igKOQ/s72-c/20230616_063031.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/06/kadis-ketahana-pangan-koltim-berikan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/06/kadis-ketahana-pangan-koltim-berikan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content