Langkah dan Strategis dalam Peningkatan Produksi Pertanian di Koltim Melalui Gemas

  Foto dokumen, Ratusan Alsintan yang dijejer di Aula Pemda Koltim yang saat itu, siap diserahkan kepada sejumlah Kelompok Tani di Koltim (I...

 

Foto dokumen, Ratusan Alsintan yang dijejer di Aula Pemda Koltim yang saat itu, siap diserahkan kepada sejumlah Kelompok Tani di Koltim (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Kabupaten Kolaka Timur atau yang lebih dikenal dengan singkatan nama Koltim merupakan salah satu  Daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menjadikan Pertanian sebagai salah satu sektor utama penunjang ekonomi maupun sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Mengingat Kabupaten ini adalah Daerah yang masih tergolong Daerah Otonomi Baru (DOB)  yang memisahkan zona  dari Kabupaten Kolaka pada tahun 2013. Jika dilihat sumber penghasilan Masyarakatnya adalah kurang lebih sekitar 70 persen adalah rata-rata Petani.

Dan Secara geografis Kabupaten Kolaka Timur diapit oleh enam  Kabupaten. Hal ini dapat dilihat mulai dari sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), disebelah timur berbatasan 2  Kabupaten yakni,  Konawe Utara (Konut) dan Kabupaten Konawe, disebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dan Kabupaten Bombana serta disebelah barat berbatasan langsung  dengan Kabupaten Kolaka. 

Untuk  Sentral akses transfortasi di daerah ini hanya melalui Darat, tak ada  pelabuhan perairan atau  Laut termasuk Pelabuhan Udara. Selain itu belum ada Perusahaan Nikel dan Emas yang masuk beroperasi di Daerah ini. Sehingga untuk menopang kesejahteraan Masyarakatnya tentunya melalui Pertanian, Perkebunan, Perikanan dan Peternakan.

Oleh karena itu, berbagai upaya dalam memajukan dan meningkatkan  Sektor Pertanian di Wilayah yang dijulikin Bumi Sorume ini akan terus ditingkatkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur.

Dan Alhasil untuk era kepemimpinan Abd Azis, SH,MH melalui program kerjanya dengan tagline Gerakan membangun dan melayani Maayarakat (Gemas) maka  berbagai terobosan dan upaya terus dilakukannya demi meningkatkan produksi pertanian yang muaranya adalah untuk kesejahteraan Masyarakat Koltim.

Hal itu dapat dibuktikan dengan langkah-langkah yang dilakukan dan diwujudkannya misalnya, kegiatan Abd Azis saat meninjau Lokasi Bendung yang terletak di Desa Roko-Roko Kecamatan Tirawuta.

Kedatangan orang nomor satu di Lokasi tersebut guna melihat langsung kondisi Bendung dan untuk memastikan Pengairan apakah masih dalam keadaan lancar. Hal ini agar para Petani dapat mengelolah Sawah dengan lancar, tentu saja kegiatan yang dilakukan sang Bupati ini adalah bagian dari upaya dalam meningkatkan Pertanian.

"Saya beserta rombongan melihat langsung kondisi Bendung di Desa Roko-Roko Kecamatan Tirawuta menggunakan Motor, Kami ingin memastikan apakah Pengairan Lancar,"ujarnya 

Selain untuk memastikan proses pengairan atau pasokan air diseluruh Persawahan disekitar Bendung ini berjalan lancar, kehadiran bupati ini juga adalah untuk  bertatap muka secara langsung  dengan para Petani diwilayah tersebut agar bisa mendengar langsung aspirasi para Petani di Daerah tersebut.

Melalui strategis dan langkah-langkah yang dilakukan mantan Anggota Polri itu, untuk memajukan dan meningkatkan Produksi Pertanian di Kolaka Timur akhirnya Sejumlah Petani di Kolaka Timur menerima Ratusan  bantuan alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Hal ini merupakan bentuk kepedulian Abdul Azis kepada para Petani guna meningkatkan Produksi Pertanian di Wilayah Kabupaten Kolaka Timur. Perlu juga kita ketahui Terwujudnya bantuan Alsintan tersebut tentu saja adalah perannya melalui usulan dan lobi  melalui Pemerintah Pusat (Pempu) melalui Kementerian Pertanian (Kementan).

Bahkan Abdul Azis dalam  meningkatkan kesejahteraan petani di daerah yang diembannya. Ia telah  menyerahkan bantuan  sebanyak  140 alat mesin pertanian kepada kelompok tani belum lama ini.

Olehnya itu, Ia mengungkapkan, bahwa penyaluran alat mesin pertanian ini merupakan  wujud perhatian pemerintah. 

"Bantuan ini kita  berikan untuk meningkatkan hasil pertanian, termasuk  alat pemotong padi supaya hasil produksi jauh lebih baik,"ucap Kosong satu Koltim itu.

Diketahui, hingga saat ini, Kabupaten Kolaka Timur masih mengandalkan Pertanian dan Perkebunan sebagai penunjang ekonomi daerah, katena sektor Pertanian dan perkebunan telah memberikan sumbangsih baik produk Domestik regional bruto atau PDRB sejak  tahun 2021 dan  tercatat mencapai 42,4 persen.

Sehingga,  pada tahun 2023, potensi yang akan dikembangkan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat masih difokuskan pada sektor Pertanian maupum  perkebunan.

Adapun jenis komoditas utama pada sektor tersebut yang menjadi andalan di Koltim  adalah Padi sawah, tanaman Hortikultura, Nilam, Kakao dan  lainnya.

Untuk itu, Abd Azis mengharapkan agar khusus untuk pertanian yakni,  Persawahan  akan lebih meningkat dengan di fungsikannya Bendungan Ladongi yang dapat mengairi ribuan hektar sawah yang ada di Kabupaten Kolaka Timur.

"Tentunya Kita berharap dengan kehadiran Bendungan Ladongi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dimana potensi hasil pertanian yang tadinya hanya menghasilkan beberapa ton maka akan menjadi meningkat hingga dua kali lipat,"harap Bupati.


Adv : Situs Sultra

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Langkah dan Strategis dalam Peningkatan Produksi Pertanian di Koltim Melalui Gemas
Langkah dan Strategis dalam Peningkatan Produksi Pertanian di Koltim Melalui Gemas
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJt4V1opSULBB_LxKXTo9-8z9ryrvrBXp-ep9gkPmZcyymKe0icifQ-1xQ_4u-YVfFbRifAuh6GPUpgbqzkkdEE96wKCOM_-QCkTd1WtHHAYJrmY1NZ0ZrZYZ3r59j6jPAKbJ7GX0inZ5lmL2hVCoRJbwK2fNACAEjQUDp-pFwumMMeIxIx3EmWkPaNQxZ/s1600/20221223_103551.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJt4V1opSULBB_LxKXTo9-8z9ryrvrBXp-ep9gkPmZcyymKe0icifQ-1xQ_4u-YVfFbRifAuh6GPUpgbqzkkdEE96wKCOM_-QCkTd1WtHHAYJrmY1NZ0ZrZYZ3r59j6jPAKbJ7GX0inZ5lmL2hVCoRJbwK2fNACAEjQUDp-pFwumMMeIxIx3EmWkPaNQxZ/s72-c/20221223_103551.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/07/langkah-dan-strategis-untuk.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/07/langkah-dan-strategis-untuk.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content