Pimpinan OPD di Konsel Ditegaskan agar Wajib Memahami LPPD

Plh. Sekda Konsel, H. Amran Aras saat menyampaikan sambutan mewakili Sekda Konsel Hj St Chadidjah terkait LPPD 2024 di Hotel Zahra Syariah K...

Plh. Sekda Konsel, H. Amran Aras saat menyampaikan sambutan mewakili Sekda Konsel Hj St Chadidjah terkait LPPD 2024 di Hotel Zahra Syariah Kota Kendari yang digelar mulai 25 hingga 27 November Senin kemarin. (Img : Istimewa)

KENDARI,SITUSSILTRA.com-
Sejumlah Pimpinan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) beserta jajaran ditegaskan agar wajib memahami penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah  (LPPD).

Penegasan itu, disampaikan  Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, H. Amran Aras saat mewakili Sekda Konsel Hj St Chadidjah  membuka whorkshop LPPD 2024 di Hotel Zahra Syariah Kota Kendari yang digelar mulai 25 hingga 27 November Senin kemarin.

Ia menjelaskan LPPD merupakan laporan yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat yang memuat capaian kinerja. LPPD, salah satu laporan yang wajib. Disusun dan disampaikan oleh Kepala Daerah.

"Seluruh data dan informasi yang dimasukkan ke dalam LPPD disusun berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, akurasi dan objektif,"jelasnya.

Lebih lanjut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) itu menghimbau agar seluruh jajaran yang bertanggungjawab dalam penyusunan LPPD dapat semakin berintegritas, terampil, berkualitas, terintegrasi dengan informasi kinerja yang akurat dan akuntabel. Serta memahami maksud dari indikator-indikator capaian LPPD.

"Hendaknya dalam penyusunan LPPD dapat disusun secara baik dan benar disertakan data-data pendukung sebagai bukti dari laporan tersebut, sehingga data yang kita cantumkan dalam laporan merupakan data yang akurat dan benar," pintanya.


"Agar kedepan data yang disajikan dapat dibuat dengan baik dan benar, karena kami akan memberikan penilaian kinerja kepada seluruh perangkat daerah dan kami akan mengevaluasi kinerja kepala OPD salah satunya adalah taat tidaknya penyampaian data pendukung LPPD,"tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setda Konsel, Asmurdani Tonga mengatakan workshop ini memberikan pemahaman dasar penyusunan LPPD. Memperkenalkan tools baru yang tujuannya mempermudah kinerja aparatur.

"Kami mengembangkan sebuah sistem yang mempermudah kinerja pemerintahan khususnya dalam penyusunan LPPD," kata Asmurdani.

Ia  menyebutkan tujuan pelaksanaan workshop itu guna memberikan pemahaman dasar mengenai penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) secara manual dan aplikasi E-LPPD.

"Kemudian meningkatkan kolaborasi dan koordinasi antara OPD dan Bagian Tata Pemerintahan terkait pemenuhan data-data pendukung LPPD. Lalu menyamakan persepsi terkait data LPPD untuk kelancaran pengumpulan laporan," ujarnya.

Selain itu juga, untuk mendiskusikan terkait indikator-indikator LPPD dalam proses penyelenggaraan workshop penyusunan. Serta membentuk tim khusus untuk pemenuhan LPPD agar berjalan dengan lancar.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini menghadirkan Analis Kebijakan Ahli Muda, Subdit Peningkatan Kapasitas Daerah Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah (EKPKD) Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Suhendro dan Kasi Evaluasi EKPKD Kinerja Wilayah II B, Dirjen Otda Kemendagri, Willy Wibisono.(dks)

Editor : Darson

Name

Advertorial,23,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,113,Hukrim,74,Hukum,2,Iklan,21,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,15,Kabar Desa,13,Kalimantan,1,Kendari,82,Kendati,1,Kesehatan,76,Kolaka,14,Koltim,782,Kolut,8,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,42,Olah raga,20,Olahraga,17,Opini,5,Pariwa,1,Pariwara,23,Pariwisata,1,Pembangunan,8,Pendidikan,59,Peristiwa,33,Pertanian,18,Politik,156,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,12,Religus,1,Sultra Raya,27,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Pimpinan OPD di Konsel Ditegaskan agar Wajib Memahami LPPD
Pimpinan OPD di Konsel Ditegaskan agar Wajib Memahami LPPD
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr-GK5UebPQV3uQgg_mZeP1_xRL3W7aCx8gLcJOy85_iwJjyJV4bEdIZ89Oxq4BQOehbClT4DDGeNQlpOuXI9dNm9iV_mO1zbO2krxfoZ8D47lPH4P0wE8DyuQoLNbjLu-KjMz5DNaMYmgLkLYZXtFIlUaIRD4QUJVowtlkfwMtKEXOKRtDT-6d1rNI_Ny/s320/IMG-20231126-WA0069.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhr-GK5UebPQV3uQgg_mZeP1_xRL3W7aCx8gLcJOy85_iwJjyJV4bEdIZ89Oxq4BQOehbClT4DDGeNQlpOuXI9dNm9iV_mO1zbO2krxfoZ8D47lPH4P0wE8DyuQoLNbjLu-KjMz5DNaMYmgLkLYZXtFIlUaIRD4QUJVowtlkfwMtKEXOKRtDT-6d1rNI_Ny/s72-c/IMG-20231126-WA0069.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/11/pimpinan-opd-di-konsel-ditegaskan-agar.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/11/pimpinan-opd-di-konsel-ditegaskan-agar.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content