Pj. Bupati Koltim Harapkan Terbentuknya KIM di Desa Tondowatu Dibekali Ilmu Jurnalis

Pj. Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Abunawas , M.Si saat memberikan sambutan saat sosilisasi terkait terbentuknya KIM di desa Tondowatu kec. Ul...

Pj. Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Abunawas , M.Si saat memberikan sambutan saat sosilisasi terkait terbentuknya KIM di desa Tondowatu kec. Uluiwoi kab. Koltim

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Kolaka Timur  (Koltim)  Sulawesi Tenggara (Sultra) telah  menggelar sosialisasi kelompok informasi masyarakat (KIM) untuk tahun anggaran 2022 tepatnya di desa Tondowatu kecamatan  Uluiwoi pada  Minggu 6  Desember 2021.

Dalam kegiatan itu  Pj. Bupati Koltim, Ir. H. Sulwan Abunawas  mengatakan, berhubung desa adalah salah satu wilayah pengguna anggaran negara melalui dana desa, maka pemerintah Kabupaten Kolaka Timur sangat mendukung pembentukan KIM.


'Ini karena di desa banyak dana desa dan sangat penting untuk  dipublikasikan dan dari mana saja sumber dana pembangunan kita baik dari APBN, APBD, Provinsi dan Kabupaten,"bebernya.



Oleh karena itu , Pj  Bupati mengharapkan, agar informasi dapat dikemas  dengan baik sehingga diperlukan sosialisasi dan  pembekalan ilmu Jurnalistik terhadap kelompok masyarakat yang tergabung dalam KIM.

"Saya atas nama perintah daerah sangat mengharapkan KIM yang terbentuk di bekali  ilmu Jurnalistik,  sehingga mampu mengaplikasikan dalam mengelola informasi yang ada,"imbaunya.

"Masyarakat yang tergabung pada KIM harus mampu menjadi sumber informasi terpercaya dan aktual dalam mewujudkan sumber daya yang berkualitas melalui pembinaan pemerintah dalam hal ini Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Kolaka Timur,"harapnya.

Menurutnya, informasi harus  dapat berjalan secara dinamis sebagai dasar terbentuknya masyarakat madani yang sehat, cerdas, mandiri, terampil, kreatif, inovatif, produktif dan berbudaya tinggi.


"Hal ini dapat terjadi bila pengelolaan informasi bertahan baik sehinggga  dapat mendorong berkembangnya motivasi dan inovasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur ini,"ungkapnya.



Ia juga  mengatakan, bahwa
Perkembangan masyarakat pada saat ini menuntut kinerja pemerintah agar dapat selalu dinamis dan berinovasi dalam menjalankan fungsi pemerintahannya. 

"Dan salah satunya  adalah tuntutan dan kewajiban pemerintah, khususnya pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, yang saat ini berupaya untuk meningkatkan kualitas sistem demokrasi,"tuturnya.

Kata dia, karena pilar demokrasi terpenting pada saat ini adalah membentuk pola Good  Governance. Melalui penerapan Good Goverment  atau tata kelola pemerintahan  yang melibatkan peran aktif warga masyarakat.


"Ini sesuai dengan Amanat UU  Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIB) dan UU No. 23 tentang Pemerintah Daerah terutama pada pasal 4 huruf b yang membahas tentang  inovasi  Pemerintah Daerah, dan di Peraturan Pemerintah  No 8 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah Kabupaten Kolaka Timur, mengembang tugas agar dapat Mengelola Sistem Informasi di Kabupaten Kolaka Timur,"terangnya.


Ia mengungkapkan, jika hal ini sangat penting dalam mendukung pembangunan di pedesaan dan salah satunya untuk meningkatkan Pemberdayaan kelompok informasi masyarakat.

"Karena di Desa muncul banyak Inovasi-inovasi tetapi tidak di kelola dalam bentuk informasi yang baik  yang dapat di  akses oleh  masyarakat lain,"ungkapnya.

Ia juga menyebutkan, jika KIM adalah suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan di kelola dari oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan Informasi dan pemberdaan masyarakat dan sesuai kebutuhannya yang kemudian di harapakan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia.


"Sistim Informasi masyarakat saat ini sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat dan pemerintah informasi yang di sebarkan dapat mendukung arah kebijakan pembangunan di sebuah daerah,"ujarnya.


"Sisi lain KIM adalah komunitas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dimana perannya sangat strategis dalam  menyebar luaskan informasi pembangunan yang telah di lakukan oleh perintah daerah,"sambungnya.


Lebih lanjut, Ia mengungkapkan, bahws kehadiran KIM juga demi kepentingan untuk  masyarakat sehingga diharapkan dapat meberdayakan komunikasi sosisal antara masyarakat dan pemerintah.


"Agar masyarakat bisa menerima inovasi  terbaru terutama informasi tentang  inovasi tehnologi, sosial budaya yang dapat dikembangkan di masyarakat khususnya di Kecamatan Uluiwoi ini,"imbaunya.



Pj. Bupati juga menuturkan, bahwa saat ini keterbukaan publik telah diatur dalam Undang undang, keterbukaan informasi, sebab informasi  tersebut menjadi ruang untuk masyarakat menyampaikan aspirasi kepada pememrintah.


"Keterbukaan informasi publik juga adalah bentuk demokrasi untuk melindungi segenap warga negaranya, akan tetapi yang perlu kita sadari adalah setiap informasi yang berkembamg harus disaring dan dikemas  dengan baik sehingga bermanfaat untuk publik,"tuturnya.

Oleh karena itu, transparansi harus di kedepankan jangan sampai informasinya keliru.
Pada kesempatan ini saya harapakan kelompok informasi masyarakat yang ada di Kabupaten Kolaka Timur ini dapat selalu aktif dalam mengakses informasi.


"Disisi lain tingkat pemberdayaan masyarakat, bangun jaringan terutama jaringan di bidang ekonomi, karena produk pertanian dan pangan kita sudah berlimpah, seperti beras, jagung, kakao, lada termasuk populasi ternak,"cetusnya.

 "Belum lagi holtikultura kita yang kadang kalah melimpah namun  kadang kala masyarakat kita masih mengeluh hal ini karena jaringan pemasaran produk produk pertanian kita belum bersifat transaksi secara elektronik bahkan kadang kala kita masih di kuasai oleh tengkulak tengkulak apa lagi pada saat musim panen tiba,"sindirnya.

Pada hal kata dia,  produk pertanian kita sudah terstandar yang penting disini adalah jalin kemitraan pasar dan bahkan sekarang banyak jenis pemasaran yang menggunakan   E-Commersial yang bisa kita masuki seperti bukalapak khusus menangani pemasaran produk pertanian.


"Dan kalau kita tidak berani masuk kedunia Tehnologi informasi ini maka produksi  kita tidak akan di kenal dan bahkan proses agribisnis sebagai visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur tidak akan berjalan dengan baik,"ucapnya. 


Olenhya itu, Ia mengajak kepada  semua leading sektor harus berani membangun kemitraan mulai dari pendamping desa, OPD terkait, seperti Koperindag, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan, Pangan dan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian.


"Sekarang jaman digital E-Commersial  kita di rumah saja bisa  melakukan transaksi olehnya itu perlu pemahaman tentang dunia pasar melalui pemanfaatan tehnologi informasi,  ini kita harus rajin menyebar luaskan informasi tentang potensi daerah kita,"ajaknya.

"Dan hal hal positif yang telah kita capai dan hindari berita berita yang hanya mau memecah belah kita bahkan ada yang sifatnya berita HOAX,"tambahnya menyarankan.

Ia juga mengajak, kepada masyarakat Tondowatu  agar  selalu bijak dalam menggunakan media sosial karena bila dimanfaatkan dengan baik maka  manfaatnya baik pula karena  dapat mempermuda kegiatan dalam hal urusan yang sulit dihangkau melalui tenaga bila kita pandai manfaatkannya.


Sekali lagi saya perlu sampaikan, dan semoga KIM yang telah terbentuk di Desa Amokuni ini, berfungsi sebagai mana tujuan pembentukannya dan di ikuti oleh desa desa lain dalam mempercepat  mengakses informasi dibidang peningkatan sosial, ekonomi dan budaya di kabupaten Kolaka Timur ini,"harapnya.

Editor : Tim
Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Pj. Bupati Koltim Harapkan Terbentuknya KIM di Desa Tondowatu Dibekali Ilmu Jurnalis
Pj. Bupati Koltim Harapkan Terbentuknya KIM di Desa Tondowatu Dibekali Ilmu Jurnalis
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgEo8KsYWymajNOc7wzzv1qHrSjSz1FczALsyuPp0IcRot_UTUVsqbR1zol28QePIW1cqkixtRKt4tKX-dXen7qRnEmKgpSKQwG2q5q-A50cJ6i4ORRSiDsf_WHfwwTaTUSCZs4dTsTmoQWasCeniRBCA17aHE2OU1Js-NjPe6gV79XRRp_nT6vQxjcQA=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgEo8KsYWymajNOc7wzzv1qHrSjSz1FczALsyuPp0IcRot_UTUVsqbR1zol28QePIW1cqkixtRKt4tKX-dXen7qRnEmKgpSKQwG2q5q-A50cJ6i4ORRSiDsf_WHfwwTaTUSCZs4dTsTmoQWasCeniRBCA17aHE2OU1Js-NjPe6gV79XRRp_nT6vQxjcQA=s72-c
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2021/12/pj-bupati-harapkan-terbentuknya-kim-di.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2021/12/pj-bupati-harapkan-terbentuknya-kim-di.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content