Gelar Sosialisasi Peraturan Pemilu Serentak, Ini Penjelasan Ketua Bawaslu Koltim

  Kegiatan  sosialisasi peraturan perundang-perundangan  Pemilu serentak 2024, oleh Bawaslu Koltim  tepatnya di Aula  Baros Desa Tawainalu  ...

 

Kegiatan  sosialisasi peraturan perundang-perundangan  Pemilu serentak 2024, oleh Bawaslu Koltim  tepatnya di Aula  Baros Desa Tawainalu  Kecamatan Tirawuta Koltim, Selasa (30/3/2022).(Img : Situs Sultra)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-Peran masyarakat dalam aspek pengawasan menjadi salah satu pertimbangan kesuksesan suatu penyelenggaraan Pemilu. Sehingga nilai demokrasi dapat  terjaga dan  hasil Pemilu benar-benar menghasilkan sosok yang bisa bertanggung jawab dalam mengemban tugas.


Untuk itu, Badan Pengawas Pemiihan Umum  (Bawaslu)  Kabupaten Kolaka Timur (Koltim)  mulai melakukan kegiatan  sosialisasi peraturan perundang-undangan  pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024, tepatnya di Aula  Baros Desa Tawainalu  Kecamatan Tirawuta Koltim, Selasa (30/3/2022).


Dalam kegiatan tersebut, dihadiri, Ketua KPU Koltim,  Camat Tirawuta,  beberapa Kepala Desa  (Kades), perwakilan dari TNI/Polri,  Kesbangpol, Satpol PP serta  Organisasi Perwakilan Masyarakat. Sementara pemateri adalah salah satu Dosen dari Universitas Haluoleo (Unhalu).


Ketua Bawaslu Kabupaten Koltim, Rusniyanti Nur Rakibe mengatakan, tujuan sosialisasi digelar yakni, untuk  memberikan pendidikan politik bagi masyarakat terkait pengawasan terhadap Pilkada dan Pemilu yang akan datang.


"Menyimak proses diskusi pada hari ini saya kira ada beberapa hal penting yang saya garis bawahi yakni   permasalahan pelanggaran pelangaran sering terjadi khususnya many politik dan  keterlibatan ASN dan ini menjadi diskusi hangat pada pikiran kita hari ini,"ujar Rusni.

Foto bersama para pimpinan penyelenggara Pemilu kabupaten Koltim dan sejumlah pihak dari instansi terkait lainnya ketika usai menggelar sosialisasi peraturan pemilihan serentak 2024 di Aula Baros desa Tawainalu Kecamatan Tirawuta Koltim


Rusniyanti, juga mengapresiasi adanya  beberapa pertanyaan pada sesi dialog  diskusi  dari sejumlah peserta terkait pelanggaran yang sering terjadi saat proses pemilu dilaksanakan.


"Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan terkait pelanggaran,  saya katakan ini  pertanyaannya luar biasa,"sanjungnya.


Kata Rusniyanti, agar penegakan hukum dalam pemilu dapat  terwujud maka ada tiga  hal yang harus diterapkan yakni,  pertama bagaimana menerapkan  regulasinya, kedua bagaimana budaya hukum itu sendiri dan ketiga bagaimana menerapkan struktur hukum tersebut.


 "Terkait dengan many politik kata Rusniyanti,  sebagaimana yang  telah dijelaskannya  itu dapat dikatakan masuk  dalam budaya politik many politik.


"Kenapa saya katakan budaya politik, karena pelangaran sering  terjadi disetiap perhelatan pemilu demokrasi,"ungkapnya.


  Rusniyanti,  menerangkan bahwa  salah satu contoh  demokrasi lokal yang rentan many politik adalah pemilihan kepala desa (Pilkades).


"Pemilihan desa lebih ngeri,  budaya ini susah untuk kita minimalisir karena sudah terbentuk dan berpola jadi budaya demokrasi lokal salah satunya  proses pemilihan desa,"jelasnya.


"Hal yang begini memang sulit untuk kita telusuri  tapi salah satunya adalah kembali ke nawaitunya  masing masing kalau semangat bersatu masyarakat kita sama kita pangkas ini many politik maka saya yakin itu akan terwujud,"sambungnya.


Jadi kata Rusniyanti, sekalipun regulasi telah dijelaskan pemateri mengenai  sangsi pidananya dan sebagainya kalau tidak ada kesadaran untuk meminimalisir maka itu tidak akan terjwujud.


 "Untuk menguji dan mengukur integritas seorang penyelengara bukan berdasarkan asumsi tetapi itu adalah tempat untuk diujinya bahwa seorang penyelengara  tidak berintegritas, ketika  memberikan sangsi kode etik atau pelangaran  yang dilakukan oleh penyelengaraan ada di TKP,"ungkapnya.


Ia menambahkan, bahwa     kegiatan yang tengah berlangsung akan  membawah berkah yang luar biasa setidaknya dapat meminimalisir terkait pelangaran dalam  menghadapi pilkada 2024.


"Sehingga pemimpin yang kita hasilkan yaitu salah satunya pilkada Kolaka Timur semoga bupati yang terpilih 2024 betul-betul bupati yang berpihak kepada masyarakat yang menjalankan aturan yang  sesuai dengan apa yang telah ditetapkan pada undang undang dasar,"harapnya.


Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Gelar Sosialisasi Peraturan Pemilu Serentak, Ini Penjelasan Ketua Bawaslu Koltim
Gelar Sosialisasi Peraturan Pemilu Serentak, Ini Penjelasan Ketua Bawaslu Koltim
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjmPIzEUiUexoq5MSwnnL5g_2QC7u8_cdMDPgNstjfT7Pl9bPVIXxRPCI5OaY31FyckJrPU3le1IfMv9Xb3_qC3-m12b5uwi6BiSgD0nboxzIeuZh8DLyDN5e7efDBpucFCCyPrSdIaBbuk4cekkU1g9chY17OVHVRDkTj4ocZZ5FM1cfywpsGnlSdQw/s320/20220330_104828.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjmPIzEUiUexoq5MSwnnL5g_2QC7u8_cdMDPgNstjfT7Pl9bPVIXxRPCI5OaY31FyckJrPU3le1IfMv9Xb3_qC3-m12b5uwi6BiSgD0nboxzIeuZh8DLyDN5e7efDBpucFCCyPrSdIaBbuk4cekkU1g9chY17OVHVRDkTj4ocZZ5FM1cfywpsGnlSdQw/s72-c/20220330_104828.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/03/gelar-sosialisasi-peraturan-pemilu.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/03/gelar-sosialisasi-peraturan-pemilu.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content