Tekan Inflasi, Distanak Koltim Galakan Tanam Kedelai dan Jagung

Dokumen foto, saat Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Koltim  menggelar rapat internal di ruang Kerja Kadistanak Koltim terkait ...

Dokumen foto, saat Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Koltim  menggelar rapat internal di ruang Kerja Kadistanak Koltim terkait gerakan Penanaman Kedelai dan Jagung di Ueesi dan Uluiwoi baru-baru ini (Img : Situssultra.com)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Salah satu langkah strategis atau cara untuk mengendalikan Inflasi Daerah maupun Nasional adalah gerakan tanam pangan cepat panen, yakni gerakan menanam tanaman seperti Kedelai  dan Jagung.


Hal ini dilakukan  sebagai upaya untuk mencukupi ketersediaan pangan rumah tangga sehingga gerakan ini perlu diinisiasi dari seluruh komponen masyarakat khusunya  di Kabupaten  Kolaka Timur (Koltim) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).


Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas tanaman Pangan dan Peternakan (Kadistanak) Hamdi, SP, MP saat menggelar rapat internal bersama Camat Ueesi dan Uluiwoi yang dihadiri Kepala BPP Uluiwoi beserta Kabid Tanaman Pangan dan Staf lainnya di Ruang Kantornya belum lama ini.


"Ini adalah merupakan inplikasi untuk berperan ikut menekan inflasi Nasional karena salah satu terukurnya inflasi  suatu Negara ketika tidak terjamin pangannya dan tidak terjamin bahan mineralnya dalam hal ini BBMnya maka pengaruh Inflasi itu akan terasa,"jelasnya.


Lebih lanjut, Kadis memaparkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan  tindak lanjut dari kunjungan Menteri Pertanian (Mentan).  Dimana dalam kunjungannya, Mentan menegaskan agar Pemda  diharapkan untuk selalu bersama-sama dengan Petani untuk setiap saat menanam dan setiap saat memanen.


"Untuk itulah Kami  sementara menggalang penanaman Jagung dan Kedelai mudah-mudahan apa yg Kami putuskan melalui rapat internal tadi  bisa terealisasi dalam bentuk yang nyata,"ucap Hamdi.


Hamdi juga menyebutkan, untuk gerakan penanaman ini untuk  sementara akan  dilaksanakan di dua wilayah Kecamatan yakni, Kecamatan Uluiwoi dan Kecamatan Ueesi. Dimana Kedua wilayah  ini lokasi lahanya  sangat strategis untuk jenis tanaman tersebut.

Foto bersama, usai rapat internal terkait penanaman Kedelai dan Jagung di ruang Kerja Kadistanak Koltim

"Sebenarnya kenapa memilih Uluiwoi dan Ueesi,  kita jujur saja intervensi Dinas terhadap 2 wilayah ini sangat tepat sekali, disana salah satu ukuran kita, sebab  disana juga  sebagian Desanya adalah krisis Pangan karena tidak adanya lokasi Sawah eksistim jadi 2 Kecamatan ini  dikategorikan salah satu wilayah yang rawan Pangan dan berimplikasi terhadap Desa,"terangnya.


Oleh karena itu, kata Kadis pihaknya berharap agar para Petani yang ada di Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi, bisa bersama Pemda mensukseskan program tersebut.


"Kami mengharapkan, agar secara bersama Pemerintah  dengan Masyarakat  Petani,  bisa mewujudkan program ini, karena Bupati sudah menyampaikan tiada waktu tidak menanam dan tiada waktu untuk tidak Panen,"harapnya.


Sementara itu, ditempat yang sama Camat Ueesi, Husain mengatakan keuntungan dalam memilih lokasi kegiatan penanaman untuk program tersebut di wilayah pemerintahannya  sangat tepat karena potensi Lahan untuk penanaman jenis (Tanaman-red) sangat cocok.


"Pokoknya lokasi disana masih sangat tersedia kalau perlu sampai 1.000 Hektare (Ha)  karena  wilayah saya luas artinya kita berbicara disini  tidak hanya 1 desa tapi kan disana 11 Desa jadi kalau hanya 1.000 hektare itu saya  pikir wajar,"sebutnya


Camat juga  menuturkan, jika Ueesi merupakan wilayah yang sangat strategis untuk dijadikan tempat penanaman Kedelai dan Jagung karena Tanahnya Subur dan Lahannya cukup tersedia.


"Disana sangat cocok dan sebenarnya Kedelai ini dari dulu sudah ditanam disana sebagai tanaman favoritnya Masyarakat hanya kenapa tidak berjalan karena utamanya  Pembeli waktu itu tidak lancar jadi Masyarakat pindah dengan kegiatan lain,"ungkapnya.


Adapun program yang dicanangkan ini, Kata Husain, dirinya sangat mendudukung dan mengapresiasi kebijakan dari Bupati dan Mentan yang memberi arahan untuk setiap saat menanam dan setiap saat panen.


"Luar biasa dengan adanya motivasi ini, karena ini kan untuk menjaga hajat hidup orang banyak ketika program ini benar-benar  disambut oleh masyarakat maka Petani bisa sejahtera  karena kita punya Pak Bupati ini betul-betul berpikir untuk hajat hidup orang banyak,"sanjungnya.


"Dan ini adalah cara yang patut diacungi jempol karena suatu terobosan yang bisa diartikan apabila Masyarakat bagus ekonominya  maka Pemerintah juga akan  tenang berpikir membangun daerah,"tambahnya.


Untuk itu, Camat berharap,agar program yang baru saja dirapatkannya bersama Dinas terkait, bukan hanya di  implementasikan melalui dialog atau diskusi tapi  benar-benar segera diwujudkan.


"Saya  sangat merespon kegiatan ini dan saya harap  ini bukan hanya didiskusikan  melalui rapat tapi mudah-mudahan  bisa terbukti dan  terealisasi dengan nyata,"harapnya.


Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,109,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,9,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,74,Kolaka,12,Koltim,710,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,36,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,113,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: Tekan Inflasi, Distanak Koltim Galakan Tanam Kedelai dan Jagung
Tekan Inflasi, Distanak Koltim Galakan Tanam Kedelai dan Jagung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBAwuGhonIWdtF6bAqL6CacGa37x2UCqpJxymH6bhC4bUlf_-6MUE7cc0tgdxoyfhWbhWS9Vkj-RFZ5rgKoyKH2XTOMGAvRRuYDxlyJNAUem4pIjBz73Wu6nR7WBO_NUhHjaWEL1kYWmThyPZf5ejcmC1TVRmoJZZD-9Z0qMfB3JYh3oJ3t_PS0PLlUA/s320/IMG-20221119-WA0031.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBAwuGhonIWdtF6bAqL6CacGa37x2UCqpJxymH6bhC4bUlf_-6MUE7cc0tgdxoyfhWbhWS9Vkj-RFZ5rgKoyKH2XTOMGAvRRuYDxlyJNAUem4pIjBz73Wu6nR7WBO_NUhHjaWEL1kYWmThyPZf5ejcmC1TVRmoJZZD-9Z0qMfB3JYh3oJ3t_PS0PLlUA/s72-c/IMG-20221119-WA0031.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2022/11/tekan-inflasi-distanak-koltim-galakan.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2022/11/tekan-inflasi-distanak-koltim-galakan.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content