800 Warga Termiskin di Koltim Bakal Dihapuskan

Ilustrasi (Img : IDXChannel) KOLTIM,SITUSSULTRA.com- Berdasarkan hasil rapat kerjasama penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kolaka Ti...

Ilustrasi (Img : IDXChannel)

KOLTIM,SITUSSULTRA.com-
Berdasarkan hasil rapat kerjasama penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kolaka Timur  (Koltim) Sulawesi Tenggara (Sultra)  disebutkan sebanyak 800  orang dinyatakan terdata sebagai  warga termiskin akan diselamatkan atau dihapuskan  dari kemiskinan ekstrem.

Hal ini diungkapkan Kepala Bappeda dan litbang Koltim Mustakim Darwis kepada sejumlah awak Media usai menggelar rapat pembentukan tim percepatan penghapusan kemiskinan ektrem di ruang Kantornya, Kamis (20/10/2023).

"Jadi kemiskinan ekstrem itu menjadi tanggung jawab bersama, maka hari ini kita gagas penanggulangan ekstrem ini bekerja sama dengan semua pihak,"jelas pria Kelahiran 1976 yang bergelar Doktor, Sarjana Pertanian dan Magister sains itu.

Kata Doktor, terkait dengan rapat pembentukam tim, Ia menyebutkan, mulai dari Swasta, Badan usaha, BUMN dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timut akan bekerja sama  menanggulangi kemiskinan ektrem di wilayah Koltim.

"Nanti pada saat kita melakukan kunjungan kita akan lihat warga kita yang kategori miskin eksterm apa kendalanya, oleh karena itu kita gandeng semua unsur, karena Pemerintah saja tidak cukup kita harus didukung oleh semua pihak,"terangnya. 

Rapat terkait penanggulangan penghapusan kemiskinan ekstrem di Aula Kantor Bappeda dan Litbang Koltim
Adapun sumber anggaran sebutnya, semua yang tergabung akan berpaetisipasi sesuai bidangnya masing-masing, untuk saling melengkapi guna membantu masyarakat  miskin  sehingga tidak lagi masuk kategori masyarakat miskin ekstrem.

"Misalnya, ada masyarakat kita yang tidak mempunyai Rumah maka kita akan bersama-sama membangunkan, jadi ada yang tanggung senknya dan begitupun bahan-bahan lainnya. Dan semuanya berperan, termasuk sanitasinya,"urainya.

"Misalkan juga ada warga yang tidak punya penghasilan maka kita ajak pengusaha  penggilingan Padi,  jadi artinya  ini kita berkolaborasi,"sambungnya.

Ia juga menggambarkan cara menanggulangi penghapusan Kemiskinan ektrem dalam berkolaborasi dengan pihak swasta adalah masing pihak akan bertanggung jawab sesuai dengan apa yang dimiliki.

"Jadi masing-masing teman OPD akan bertanggung jawab misalkan di Kecamatan A siapa di Kecamatan B siapa kemudian  kita bersama-sama, setelah kita identifikasi ternyata masyarakat kita tidak punya Air Bersih atau tidak punya penghasilan tetap, maka kita gandenglah pihak swasta misalnya, BRI kita libatkan dengan cara memberikan kredit dan  yang jelasnya kita akan bantu secara bersama-sama,"tuturnya.

Ia menuturkan bahwa  tim akan selalu bekerja sama membantu apa menjadi kendala pada warga miskin tersebut. 

"Seperti, PU Kita akan arahkan untuk program sanitasi air minum sehingga  memiliki air minum yang layak, kemudian dari Diskoperindag kita akan fungsikan untuk membantu peralatan dan juga dari Nakertrans  bantu peralatan tukang dan Dinas Pertanian bisa membantu Bibit sehingga simiskin tersebut bisa berusaha,"harapnya.

Sementara itu, Sekda Koltim yang juga Ketua Tim percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa  mengatakan bahwa rapat penghapusan kemiskinan ekstrem merupakan  kegitan yang tujuannya untuk bekerja sama, antara Pemda dan Swasta terkait  penanggulangan kemiskinan ektrem.

"Sehingga 800 lebih Masyarakat kita yang termasuk miskin ekstrem bisa kita titik nol kan atau terselamatkan dari kemiskinan,"kata Jenderal ASN itu.

"Program ini kan terpadu,  mungkin selama ini kita kan  sudah perna bantu terkait kemiskinan ekstrem, jadi dengan adanya program ini lagi kita satukan persepsi bersama agar bisa menuntaskan kemiskinan ekstrem di Koltim,"tambahnya.

Kata Sekda, adapun prosedur cara penghapusan kemiskinan ekstrem maka pihak Pemda membentuk tim yakni,  tim dari, Opd dari  pihak swasta bahkan dari kecamatan yang dibagi tugas

"Nanti tim ini setelah disahkan bupati maka kita tunggulah apa bantuan dari pihak swasta ini misalnya, dari Indomaret,"paparnya.

Sekda yang bergelar S,STP, M.Si itu menyebutkan, Data kemiskinan ektrem di Koltim ada 800 lebih yang tersebar di 12 Kecamatan dan program penghapusan kemiskinan ekstrem ini  akan dimulai di titik nol yakni, Kecamatan Ladongi dan Poli-Polia.

"Dan disitu kita akan mulai lanching nanti sekitar awal November 2023, Kita tunggu dulu hasil evaluasi APBD murni ini, karena di OPD itu dana kemiskinan ekstrem masih dievaluasi,"ungkapnya.

Untuk itu, Ia berharap agar tim yang sudah dibentuk benar-benar bekerja serius  karena ini adalah program nasional, dan kata dia, pihaknya bersyukur karena Pemda  selama ini sudah mendata secara total 800 warga miskin ekstrem yang akan diselamatkan dari kehidupannya yang sulit.

"Olehnya itu kita harapkan  melalui rapat tadi tim telah membagi per kecamatan untuk 3 OPD, jadi semua bisa terbagi dalam menuntaskan kemiskinan ekstrem,"harapnya.

Penulis : Darson

Name

Advertorial,22,Advertotial,2,Berita Gambar,5,Berita Utama,9,Bombana,1,Budaya,11,Daerah,1,Demo,3,Edukasi,2,Ekonomi,108,Hukrim,71,Hukum,1,Iklan,19,Ilmu,3,Internasional,3,Jakarta,8,Kabar Desa,13,Kendari,77,Kesehatan,73,Kolaka,12,Koltim,703,Kolut,6,Konawe,15,Konsel,185,Konut,1,Kpltim,1,Mubar,2,Nasional,35,Olah raga,19,Olahraga,16,Opini,4,Pariwara,21,Pembangunan,6,Pendidikan,58,Peristiwa,32,Pertanian,18,Politik,112,Prestasi,3,Promosi,2,Religius,11,Religus,1,Sultra Raya,23,Teknologi,1,Utam,1,Utama,307,
ltr
item
Situs Sultra: 800 Warga Termiskin di Koltim Bakal Dihapuskan
800 Warga Termiskin di Koltim Bakal Dihapuskan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixPte6C3SfDQPOMboNnQqotocsT7NNU3hurl_emglFGwmNFv8XJucYPLp7NgtBqeO7rL7uzyypYB6H7ysuCPdUvvaOeXNiijptNk_OQtm1SuPSqpC85fWMhKuCfObmjh0FOZw9A5cAf2SOSLgQB-R2SZQL47mVKJZ6TIqWEjO74v8d2vHQlRExEZFb5aNT/s16000/miskin.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixPte6C3SfDQPOMboNnQqotocsT7NNU3hurl_emglFGwmNFv8XJucYPLp7NgtBqeO7rL7uzyypYB6H7ysuCPdUvvaOeXNiijptNk_OQtm1SuPSqpC85fWMhKuCfObmjh0FOZw9A5cAf2SOSLgQB-R2SZQL47mVKJZ6TIqWEjO74v8d2vHQlRExEZFb5aNT/s72-c/miskin.jpg
Situs Sultra
https://www.situssultra.com/2023/10/800-warga-termiskin-di-koltim-bakal.html
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/
https://www.situssultra.com/2023/10/800-warga-termiskin-di-koltim-bakal.html
true
8055008330539622413
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU KATEGORI ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content